Radar Militer

Blog Berita Seputar Aktivitas Militer Terbaru

Agar Efektif, Gunakan Fitur Pencarian (Search) Untuk Mencari Berita di Radar Militer

Helibras Launching Helikopter H225M yang Mampu Bawa Rudal Exocet

Helibras Launching Helikopter H225M
Helibras Launching Helikopter H225M

IHS Janes dalam tulisannya melaporkan bahwa Helibras, pabrik helikopter Brasil, meluncurkan helikopter H225M pertama yang dilengkapi dengan rudal anti kapal Exocet, pada 25 Oktober 2016. Upacara rool-ut dilakuakn di fasilitas Helibras di Itajuba, Brasil. Helikopter H225M, dulu disebut EC 725, adalah heli buatan Airbus yang diproduksi Helibras.
Helibras mengembangkan helikopter H225M untuk Angkatan Laut Brasil dibawah program H-XBR. Helikopter ini memiliki konfigurasi khusus untuk menjalankan operasi Angkatan Laut Brasil, termasuk membawa dua rudal anti kapal yang canggih, Exocet AM39 Block 2 Mod 2 buatan MBDA.
Kepala program H-XBR untuk helikopter Airbus, Didier Cormary menyebutkan bahwa H225M menggunakan radar pencari permukaan APS-143 Telephonics, sensor peringatan ancaman rudal atau Missile Approach Warning Sensors (MAWS), kubah sensor elekto-optik/infra merah FLIR Systems Star SAFIRE III, dan konsul stasiun kerja taktis di kabin utama.
Didier Cormary menambahkan bahwa heli H225M dengan konfigurasi khusus ini dapat menembakan satu atau dua Exocet, dan terbang asimetris dengan sebuah rudal Exocet di salah satu sisi dan mengisi bahan bakar di sisi lainnya. Menurut Cormary hal ini adalah sebuah presitasi.
Rudal Exocet AM39 Block 2 Mod 2 memiliki berat 655 kg dan dapat menjangkau sasarah sejauh 70 km. Rudal ini melaju pada ketinggian yang rendah di atas permukaan laut (sea skimming) sehingga sulit terdeteksi radar kapal perang musuh. Rudal ini membuat H225M Angkatan Laut Brasil menjadi sangat menakutkan.
Helikopter membawa rudal Exocet bukanlah yang pertama, heli Super Puma Chile dan Arab Saudi telah melakukan 20 tahun yang lalu, melibatkan helikopter, sistem, dan teknologi yang kurang canggih. Brasil juga pernah melakukannya pada helikopter Sikorsky Sea King yang sudah dipensiunkan. Sea King membawa rudal Exocet yang lebih tua, yaitu Blok 1 Mod. (Herru Sustiono)
Sumber : https://www.tempo.co/
Bagikan :
+
0 Komentar untuk " Helibras Launching Helikopter H225M yang Mampu Bawa Rudal Exocet "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top