Kapal Selam Kelas Virginia Siap Hadapi Kekuatan Bawah Laut Rusia

Kapal Selam Kelas Virginia
Kapal Selam Kelas Virginia 

Amerika Serikat terus membangun dan meningkatkan kemampuan kapal selam serang tenaga nuklir kelas Virginia. Kapal selam kelas Virginia akan menggantikan kelas Los Angeles yang akan dipensiunkan dan sudah 12 unit memasuki pelayanan Angkatan Laut Amerika Serikat. Sebelumnya, Amerika berencana mengganti kelas Los Angeles dengan kelas Seawolf, namun biaya yang mahal membuat Amerika membangun kelas Virginia.
Meski pun biaya pembuatan kelas Virginia lebih rendah dibanding kelas Seawolf, kecanggihannya ini tidaklah kalah. Kapal selam kelas Virginia ini merupakan kapal selam serang tenaga nuklir paling maju yang dimiliki Amerika Serikat. Kelas Virginia disebut-sebut sebagai kapal selam tenaga nuklir yang senyap yang mampu melakukan misi perang bawah laut di laut dalam dan melakukan operasi di laut dangkal.
Kapal selam kelas Virginia Blok I dibangun oleh Electric Boat, divisi dari General Dynamics, mulai tahun 1999 dan resmi beroperasi, pada 2004. Empat Virginia Blok I dibangun, setelah itu Electric Boat (EB) membangun enam Blok II dengan kemampuan yang telah ditingkatkan. Peningkatan kemampuan kelas Virginia terus dilakukan untuk menghadapi kapal selam Rusia yang semakin canggih. Saat ini EB sedang membangun Virginia Blok III. Empat dari delapan Blok III telah selesai dan beroperasi.
Kapal selam kelas Virginia Blok III mengalami desain ulang sekitar 20 persen, sebagian besar di haluan kapal. Virginia Blok III menggunakan Large Aperture Bow (LAB) untuk menekan biaya. 12 tabung peluncur rudal (VLS) diganti dengan dua tabung 87 inci Virginia Payload Tubes (VPTs). Satu VPTs dapat memuat enam rudal Tomahawk.
Kapal selam kelas Virginia dibangun dengan sistem modular sehinga peningktan kemampuan dan desai ulang dapat dilakukan untuk menghadapi tuntutan zaman, seperti yang dilakukan pada Blok III. Kelas Virginia juga dilengkapi dengan exit trunk, sebuah alat yang digunakan untuk mendukung operasi operasi infiltasi pasukan khusus Navy Seal.
Sepuluh Kapal selam kelas Virginia Blok IV dibangun, pada tahun fiskal 2014-2018, dengan mengurangi biaya. Perubahan desain skala kecil dilakukan untuk memperpanjang siklus pemakaian komponen kapal. Saat ini sedang dikembangkan kelas Virginia Blok V, yang akan menggunakan Virginia Payload Module (VPM). Empat VPM akan ditempatkan pada Virginia Blok V, masing-masing VPM dapat memuat tujuh rudal jelajah Tomahawk. (Herru Sustiono)
Sumber : https://www.tempo.co/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak