71 Tahun Marinir Kawal Laut Nusantara

Marinir
Marinir 

Hari ini, Selasa (15/11/2015), prajurit Marinir TNI AL merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-71. Namun, peringatan hari jadi tersebut dirayakan secara sederhana. prajurit Marinir Wilayah Timur, misalnya. Mereka melaksanakan pembersian Pantai Suromadu di Desa Tambak Wedi Surabaya pada Senin 14 November, kemarin.

Tak kurang, personil dari Brigif-1 Mar, Menbanpur Mar, Kaveleri-1 Mar, Artileri-1 Mar, Batalyon Taifib-1 Mar, Dinas Keberihan Wilayah Suromadu, SMA Hangtuah Surabaya dan SMP Alfalah Deltasari Surabaya dikerahkan untuk bersih pantai.
“HUT Mar ke 71 dilaksanakan dengan serentak dari sabang sampai merauke dengan sederhana dan tidak terpusat,” ujar Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Lukman melalui keterangan tertulisnya kepada Okezone.
Sementara tadi malam, Pasmar-2 Cilandak Jakarta Selatan, menggelar istighosah di Masjid Al-Iklas yang berada tepat di dalam markas.
Dankormar Mayjen TNI (Mar) R M Trusono mengungkapkan, kegiatan tersebut sebagai bentuk syukur sekaligus doa untuk korps baret ungu. Rencananya, upacara bakal digelar di Tanjung Pasir, Banten serta Brigif 3 di Lampung.
Di penghujung acara Dankormar memotong tumpeng untuk diberikan kepada Danpasmar-2 Brigjen TNI (Mar) Widodo selaku penangunggjawab pelaksanaan HUT Marinir KE-71.
Dalam sejarahnya, Marinir sempat bernama Korps Komando Angkatan Laut (KKO AL). Hingga akhirnya berubah nama menjadi seperti sekarang sejak turunnya Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Laut No. Skep/1831/XI/1975.
Sejumlah nama tenar turut mengharumkan Marinir diantaranya,Serda Anumerta KKO Usman Janatin dan Kopda Anumerta KKO Harun Thohir yang gugur di Singapura. Keduanya terlibat pengeboman di negeri Singa dalam operasi Dwikora.
‘Jalesu Bhumyamca Jayamahe’ atau di laut dan di darat kita jaya! (sym)
Sumber : http://news.okezone.com/read/2016/11/15/337/1541578/71-tahun-marinir-kawal-laut-nusantara

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak