Korut Minta China Berhenti Panggil Kim Jong-un 'Si Gendut'

Kim Jong-un 'Si Gendut'
Kim Jong-un 'Si Gendut'

Kementerian Luar Negeri Korea Utara (Korut) melayangkan kecaman kepada otoritas Partai Komunis China atas kelakuan para pejabat dan media massa di China yang sering menjuluki pemimpin mereka, Kim Jong-un dengan sebutan “Si Gendut”.

Dalam bahasa mandarin, marga Kim dibaca dengan Jin. Oleh karena itu, seringnya diktator Semenanjung Korea itu dijuluki Jin Pang Pang atau Kim Gendut. Dalam bentuk tersopannya, mereka juga sering menyebut orang nomor satu di Pyongyang itu sebagai Jin San Fei atau Kim Generasi Ketiga.
Namun yang paling sering mereka pakai adalah Kim Fatty III alias pewaris ketiga takhta dinasti Kim di Korut yang berbadan gemuk.
Melansir Daily Star, Rabu (16/11/2016, para pejabat Korut yang geram mendesak pemerintah China untuk menghentikan olok-olok tersebut. Apabila masih ada yang melanggar, diharapkan pemerintah bisa menindak tegas mereka, baik yang berasal dari kalangan pejabat maupun media.
Di samping itu, timbul kekhawatiran bahwa rezim Kim Jong-un akan turun tangan jika permintaan tersebut diabaikan. Diketahui, Presiden Korut tersebut gemar mengeksekusi orang yang dianggapnya bersalah.
Dalam beberapa tahun terakhir, orang-orang yang dianggap bersalah telah berakhir dengan eksekusi di lapangan tembak militer. Termasuk pamannya sendiri yang dituding terlibat praktik korupsi, main perempuan, berjudi dan minum-minuman keras.
Dalam beberapa kesempatan, Korut sendiri sudah mulai memperlihatkan gambaran fisik pemimpinnya yang lebih kurus. Sebelumnya beredar rumor bahwa tubuh diktator muda Korut itu membengkak karena kegemarannya menyantap keju Swiss, memakan kerang dan menenggak whiskey.
Pada dasarnya, tidak hanya media di China yang suka memakai nama ganti tersebut. Media barat di Inggris dan Amerika Serikat juga sering menggunakan julukan Kim Fatty, bahkan ada yang menyamakannya dengan sosok babi.
Sumber : http://news.okezone.com/read/2016/11/16/18/1542555/korut-minta-china-berhenti-panggil-kim-jong-un-si-gendut

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak