Radar Militer

Blog Berita Seputar Aktivitas Militer Terbaru

Agar Efektif, Gunakan Fitur Pencarian (Search) Untuk Mencari Berita di Radar Militer

Perangkat Mutakhir Il-22PP Mampu Butakan AEW & CS Pesawat Lawan

Pesawat Ilyushin Il-22PP Rusia
Pesawat Ilyushin Il-22PP Rusia

Pesawat Ilyushin Il-22PP Rusia yang dibuat pada tahun 1970-an ini tidak bisa dipandang remeh. Pasalnya perangkat mutakhir yang disematkan pada Il-22PP ini konon mampu butakan AEW & CS (Airborne Early Warning and Control System ) pesawat dan UAV (Unmanned Aerial Vehicle) lawan.
Sedikitnya, Pasukan Kedirgantaraan Rusia (VKS RF) telah menerima tiga pesawat Ilyushin Il-22PP “Porubschik” pertamanya yang telah dilengkapi dengan peralatan pengacau paling mutakhir. Sistem kerja perangkat baru tersebut adalah memadamkan sejumlah perangkat elektronik pesawat dan drone musuh hingga sistem pertahanan udara yang berbasis darat.
Perangkat yang berfungsi untuk melakukan serangan elektronik sebenarnya telah dipasang di pesawat pada pertengahan 1970-an. Namun demikian, seperti yang disebutkankan pihak pengembang, mesin yang dimodernisasi ini kini bisa menghadapi sistem elektronik paling modern, yang dipasang pada pesawat canggih asing.
“Perangkat baru bisa membutakan Sistem Kendali dan Peringatan Dini Pasukan Udara (Airborne Early Warning and Control System/AEW & CS) pesawat. Selain itu, Il-22PP ‘Porubshchik’ secara efektif menangkis sistem pertahanan udara Patriot (sistem misil darat-ke-udara yang digunakan Angkatan Darat AS dan beberapa negara sekutu -red.).”
Menurut para perancangnya, Il-22PP “Porubshchik” mampu secara selektif menonaktifkan perangkat musuh menggunakan gangguan yang kuat. Tak hanya itu, perangkat ini pun mampu menghalangi serangan elektronik serupa yang dilancarkan musuh.
“Sebelum sistem pengganggu elektronik mulai beroperasi, pesawat memindai sinyal radio di area aktivitasnya. Setelah mendeteksi frekuensi yang digunakan pesawat musuh, operator pesawat menyalakan sistem gangguan dalam jangkauan yang diinginkan,” jelas sang narasumber.
Setidaknya pada November ini, Pasukan Kedirgantaraan Rusia akan menerima dua pesawat tambahan yang sama. (Fery Setiawan)
Sumber : http://angkasa.co.id/
Bagikan :
+
0 Komentar untuk " Perangkat Mutakhir Il-22PP Mampu Butakan AEW & CS Pesawat Lawan "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top