Pesawat Kepresidenannya Dikejar Jet Tempur Swiss, Rusia Tuntut Penjelasan

 F-18 Swiss
 F-18 Swiss

Pemerintah Rusia meminta pemerintah Swiss menjelaskan mengapa mengerahkan beberapa pesawat jet tempur untuk mengejar pesawat kepresidenan Rusia yang membawa wartawan ke KTT APEC di Lima, Peru. Tuntutan penjelasan ini disampaikan Kementerian Luar Negeri Rusia pada hari Sabtu.
”Kami telah mengirim surat pemintaan klarifikasi dan mengekspresikan kebingungan kami atas insiden tersebut. Kami meminta insiden seperti itu dicegah di masa depan,” kata Kedutaan Besar Rusia di Bern melalui Twitter.
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, mengatakan bahwa Rusia khawatir dengan aksi pesawat-pesawat jet tempur militer Swiss yang mendekati pesawat sipil Rusia.
”Kami berharap penjelasan mereka dan akan bereaksi sesuai ketika kami menjumpai mereka,” ujar Zakharova kepada Rossiya-24, semalam (19/11/2016).
Aksi pengejaran oleh beberapa jet tempur Swiss itu berlangsung hari Jumat di wilayah udara atau langit Swiss. Beberapa wartawan yang berada di pesawat kepresidenan Rusia mengatakan bahwa pengejaran berlangsung beberapa menit. Beberapa pejabat dari delegasi Rusia juga berada di pesawat tersebut.
Pemerintah maupun militer Swiss hingga kini belum memberikan penjelasan terkait insiden pengejaran oleh jet-jet tempur mereka. Andrey Kolesnikov, pemimpin redaksi majalah Rusia, Pioneer, menyebut ada tiga jet tempur yang mengejar pesawat kepresidenan Rusia.
”Kami terbang di atas Swiss. Di sebuah titik, pesawat dengan delegasi dan wartawan dicegat dari tiga sisi oleh tiga pesawat tempur,” katanya. Menurutnya, lantaran pengejaran terlalu dekat, dia bisa melihat wajah pilot jet tempur Swiss.
Sementara itu, koresponden koran Komsomolskaya Pravda, Dmitry Smirnov, menulis di halaman Facebook-nya, ada dua jet tempur yang dia lihat. "Kami ke Lima dengan penuh semangat; melewati Swiss dengan pengawalan dua F-18 dengan senjata lengkap.”
Sumber : http://international.sindonews.com/read/1156725/41/pesawat-kepresidenannya-dikejar-jet-tempur-swiss-rusia-tuntut-penjelasan-1479575136

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak