Rusia Siap Respon Ekspansi NATO

 Sistem Pertahanan Rudal Udara S-400
 Sistem Pertahanan Rudal Udara S-400 

Saat ini NATO semakin meningkatkan aktivitasnya di wilayah Baltik yang berdekatan dengan perbatasan Rusia. Pihak NATO mengklaim hal tersebut dilakukan untuk menangkal ancaman Rusia.
Aktivitas NATO yang terbaru adalah persiapan pemindahan peluncur roket GMLRS serta menurunkan sedikitnya 800 tentara ke Estonia. Dilaporkan, hal ini dilihat Rusia sebagai langkah ekspansi NATO ke wilayah yang dekat dengan perbatasan Negeri Beruang Merah.
Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, negaranya siap untuk mengambil langkah balasan atas tindakan NATO tersebut. “Mengapa kami bereaksi dengan ekspansi NATO secara emosional?. (Karena) kami risau dengan pengambilan keputusan NATO,” tegas Putin, sebagaimana dikutip dari Reuters, Selasa (22/11/2016).
Salah satu langkah yang juga diambil Rusia adalah dengan menempatkan sistem pertahanan rudal udara S-400 dan rudal balistik Iskander di Kota Kaliningrad. Kota tersebut berlokasi di dekat Polandia dan Lithuania serta Pantai Baltik. Kepala komite pertahanan di Parlemen Rusia, Viktor Ozerov mengatakan, penempatan tersebut merupakan respons akibat tindakan Amerika Serikat (atas nama NATO) yang menurunkan perisai rudalnya di Eropa.
Merespons Rudal AS, Rusia Bakal Sebar S-400 dan Rudal Iskander
Rusia akan mengerahkan sistem rudal pertahanan anti-pesawat S-400 dan rudal Iskander di Kaliningrad. Rencana ini diungkap Kepala Komite Pertahahan Majelis Tinggi Parlemen Rusia, Viktor Ozerov kepada RIA Novosti, Senin (21/11/2016).
Menurut Ozerov, rencana Rusia itu untuk merespons Amerika Serikat (AS) yang menyiapkan rudalnya di Eropa dengan dalih sebagai perlindungan.
“Untuk mengatasi ancaman ini, kami akan dipaksa untuk memperkuat pertahanan udara dan rudal kami di vektor barat akan disebarkan sebagai sarana tambahan untuk mempertahankan infrastruktur komando dan kontrol yang relevan,” kata Ozerov.
Menurut Ozerov, penguatan pertahanan di perbatasan barat Rusia itu dengan penyebaran sistem rudal pertahanan canggih S-400 dan sistem rudal balistik Iskander-M di kawasan Kaliningrad, Baltik. Sistem serupa juga akan disebar di distrik militer Barat dan Selatan.
”Kami menghadapi dua tugas utama, untuk menembus pertahanan udara (Barat) dan memastikan perlindungan dari kemungkinan serangan (dari negara-negara yang telah memungkinkan penyebaran rudal AS),” ujar politikus Rusia ini.
Meski demikian, militer maupun pemerintah Rusia belum mengkonfirmasi rencana penyebaran sistem rudal S-400 dan rudal Iskander di kawasan Kaliningrad seperti yang diungkap Ozerov.
Sumber : http://news.okezone.com/read/2016/11/22/18/1547608/rusia-siap-respon-ekspansi-nato

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak