Tampung Tentara AS di Perbatasan, Norwegia Diancam Dirudal Rusia

Rudal Rusia
Rudal Rusia

Wakil Komite Pertahanan dan Keamanan Rusia Frants Klintsevich mengancam Norwegia akan menjadi target serangan nuklir Negeri Beruang Merah jika mengizinkan tentara Amerika Serikat bercokol di perbatasan.
Pekan lalu dikabarkan Norwegia akan menampung sebanyak 330 tentara marinir AS di perbatasan Rusia sebagai bentuk kerja sama militer.
Dikutip Daily Mail, Selasa (1/11), dalam siaran televisi TV2, Klintsevich mengatakan 330 marinir AS itu bisa dianggap sebagai ancaman militer langsung terhadap Rusia.
Norwegia sudah menjadi negara sekutu AS yang tergabung dalam organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) pada 1949. Namun pada saat itu Norwegia meyakinkan kepada Uni Soviet, mereka tidak akan menempatkan tentara asing di perbatasan.
"Ini sangat berbahaya bagi Norwegia dan rakyatnya. Bagaimana kita akan merespon ini? Kita sebelumnya tidak pernah memasukkan Norwegia ke dalam daftar target serangan. Tapi kalau ini dibiarkan, penduduk Norwegia akan menderita," kata Klintsevich.
Menteri Pertahanan Norwegia Ine Eriksen Soreide menyangkal kritikan Rusia atas kejadian ini. Tentara AS yang akan datang itu nantinya ditempatkan di Vernes, dekat Trondheim, sekitar 700 mil dekat perbatasan Rusia pada Januari 2017.
"Tidak ada alasan bagi Rusia untuk bereaksi terhadap kabar ini. Tapi reaksi Rusia saat ini sama saja dengan respons mereka terhadap apa yang dilakukan negara NATO," ujar Soreide.
Sumber : https://www.merdeka.com/dunia/tampung-tentara-as-di-perbatasan-norwegia-diancam-dirudal-rusia.html

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak