Radar Militer

Blog Berita Seputar Aktivitas Militer Terbaru

Agar Efektif, Gunakan Fitur Pencarian (Search) Untuk Mencari Berita di Radar Militer

N219 Lakukan Uji Wings Static, Terbang Perdana Terserah Pilotnya

N219  Lapan PT DI
N219  Lapan PT DI

N219, pesawat yang dibangun PT Dirgantara Indonesia, akan melakukan terbang perdana (first flight) pada akhir April nanti. Setidaknya, jika masih ada kendala, N219 bisa terbang perdana pada Juli 2017. Selanjutnya adalah proses sertifikasi, dan diharapkan mulai diproduksi pada 2018.
“Sekarang ini sedang dilakukan pengujian-pengujian. Berikutnya adalah pengujian engine, engine sudah mulai naik. Yang kita perlukan waktu satu atau satu setengah bulan. Insyaa Allah…,” ujar Budi Santoso, Direktur Utama PTDI, sewaktu menerima kunjungan Menteri Riset &Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir di PTDI Bandung hari ini (27/2/2017).
Prototipe pertama N219 sedang melakukan pengujian wings static. Pengujian struktur sayap pesawat N219 itu dapat menjadi bahan evaluasi para engineer PT DI untuk melakukan pengembangan.
Wings static test merupakan pengujian struktur sayap pesawat yang diberi beban limit mencapai 100 persen bahkan hingga ultimate atau dipatahkan. Ini untuk melihat kekuatan maksimum yang dapat ditahan oleh sayap N219.
Seperti yang diungkapkan Budi, berbagai pengujian yang sudah dilakukan itu, antara lain, electrical grounding bonding test, leak test, dan cleaning test di tangki bahan bakar untuk memastikan ada tidaknya kebocoran. Pengujian lainnya adalah landing gear drop test dan electrical power test.
Prototipe pertama N219 masih dalam proses basic airframe dan basic system instalation. Setelah itu akan dilakukan beragam uji fungsi untuk memastikan setiap komponen berfungsi dengan baik.
Menurut Budi, “Untuk first flight itu tidak bisa ditentukan harinya atau kapannya. Itu tergantung pilotnya. Kapan ia siap terbang, boleh terbang. Karena begitu ditentukan tanggalnya, kami tak ingin Bu Esther itu stress. Kami tak ingin terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan. Jadi, first flight terserah dari pilotnya.”
Apa Capt Esther Gayatri Saleh, pilot uji yang akan menguji terbang pesawat N219, memang stress? “Normal saja,” jawabnya. Kata dia, jika pesawat memang sudah siap dan seluruh pengujian komponen sudah lulus uji, ia siap.
“Kami ada tim juga. Kalau pesawat N219 sudah siap first flight sesuai dengan list kami, kami pasti siap,” ujar Capt Esther. Reni Rohmawati
Sumber : http://angkasa.co.id/
Bagikan :
+
0 Komentar untuk " N219 Lakukan Uji Wings Static, Terbang Perdana Terserah Pilotnya "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top