Citra Satelit Tunjukkan Korut Siap Lakukan Uji Nuklir Keenam

Korut Siap Lakukan Uji Nuklir Keenam
Korut Siap Lakukan Uji Nuklir Keenam 

Rezim Korea Utara (Korut) diperkirakan akan kembali melakukan uji coba nuklir dalam waktu dekat. Dugaan ini muncul setelah data intelijen Amerika Serikat (AS) menunjukkan adanya aktivitas tak biasa di lokasi uji coba nuklir Punggye-ri.
Kepada CNN, dua pejabat AS yang tak disebutkan namanya mengatakan, citra satelit dari lokasi uji coba Punggye-ri menunjukkan adanya perubahan signifikan di wilayah itu. Punggye-ri merupakan lokasi uji coba yang digunakan dalam semua uji coba nuklir Korut sebelumnya.
Biasanya, citra satelit dari lokasi itu menunjukkan personel militer, kendaraan dan perlengkapan di pintu masuk dua terowongan yang digunakan untuk uji coba nuklir bawah tanah. Namun, citra satelit terakhir tidak menunjukkan kegiatan tersebut.
Hal yang sama terjadi pada uji coba nuklir Pyongyang sebelumnya, yang diduga menjadi pertanda persiapan uji coba telah selesai.
“Korut dinilai telah siap melakukan uji coba nuklir kapan pun jika pemimpinnya menginginkan. Pihak berwenang di Korea Selatan (Korsel) dan AS mengevaluasi Korut siap melakukan uji coba nuklir setiap saat tergantung keputusan pemimpinnya,” kata Juru Bicara Kementerian Unifikasi Korea Lee Duk-Haeng sebagaimana dilansir IBTimes, Senin (27/3/2017).
Pyongyang memang telah memberi sinyal akan adanya uji coba nuklir berikutnya dan peluncuran rudal balistik yang dapat dilakukan kapan pun Kim Jong-un inginkan. Sampai saat ini, Korut telah melakukan lima kali uji coba nuklir yang digelar pada 2006, 2009, 2013, serta pada Januari dan September 2016.
Sumber : http://news.okezone.com/read/2017/03/27/18/1651735/citra-satelit-tunjukkan-korut-siap-lakukan-uji-nuklir-keenam

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak