Didekati Sekelompok Kapal Iran, Kapal Angkatan Laut AS Putar Arah

USNS Invincible
USNS Invincible 

Kapal Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) terpaksa putar arah setelah didekati sekelompok kapal penyerang dari Garda Revolusi Iran di Selat Hormuz. Insiden itu berlangsung hari Sabtu lalu namun baru diungkap pejabat AS hari Senin kemarin.
Seorang pejabat AS yang berbicara dalam kondisi anonim kepada Reuters mengatakan bahwa sekelompok kapal penyerang dari Garda Revolusi Iran mendekati kapal AS dalam jarak sekitar 550 meter. Kapal Angkatan Laut AS itu didampingi tiga kala Angkatan Laut Inggris.
Manuver sekelompok kapal Iran itu membuat kapal AS dan Inggris membuat formasi untuk mengubah arah. Menurut pejabat itu, Angkatan Laut AS telah melakukan komunikasi via radio, namun tidak direspons kru kapal Garda Revolusi Iran.
“Interaksi itu tidak aman dan tidak profesional,” kata pejabat AS tersebut, yang dilansir Selasa (7/3/2017). Jika tidak berputar arah, interaksi itu bisa memicu sejumlah masalah.
Kapal Angkatan Laut AS yang diganggu sejumlah kapal Iran itu adalah kapal USNS Invincible. Menurut pejabat AS kapal-kapal Iran yang mendekat membawa senjata ringan.
Interaksi itu terjadi hanya beberapa hari setelah kapal Iran mendekati kapal Angkatan Laut AS dalam jarak 140 meter di Teluk Oman pada pekan lalu.
Pentagon secara resmi belum berkomentar atas gangguan sekelompok kapal Iran itu. Militer Iran maupun pihak Garda Revolusi Iran juga belum membuat pernyataan resmi terkait manuver kapal-kapal mereka di Selat Hormuz.
Sumber : https://international.sindonews.com/read/1185924/42/didekati-sekelompok-kapal-iran-kapal-angkatan-laut-as-putar-arah-1488828517

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak