Radar Militer

Blog Berita Seputar Aktivitas Militer Terbaru

Agar Efektif, Gunakan Fitur Pencarian (Search) Untuk Mencari Berita di Radar Militer

LIMA 2017: Damen Tampilkan Proposal Desain MRSS Baru untuk AL Malaysia

Enforcer 10000
Enforcer 10000 

Pada pameran Langkawi International Maritime And Aerospace LIMA 2017, yang saat ini diselenggarakan di Malaysia, galangan kapal Damen dari Belanda meluncurkan proposal desain baru untuk kebutuhan Multi-Role Supply Ship (MRSS) Angkatan Laut Kerajaan Malaysia. MRSS Damen ini didasarkan pada lini produk landing platform docks (LPD) buatannya, yaitu Enforcer 10000.
Berbicara dengan Navy Recognition pada pameran tersebut, perwakilan Damen mengatakan dia tidak bisa mendiskusikan mengenai mitra lokal Damen untuk proposal ini tetapi menjelaskan bahwa desain Enforcer ini secara khusus didesain untuk kebutuhan RMN.
Enforcer 10000 berukuran panjang 157 meter panjangnya dengan lebar 24,8 meter. Jangkauannya mencapai 10.000 mil laut. Kapal ini mampu mengangkut 400-700 tentara serta dua LCM (Landing Craft Mechanized) di well deck-nya dan dua LCVP (Landing Craft, Vehicle, Personnel) pada davit (crane). Pada bagian belakang kapal dilengkapi dengan dua atau tiga titik pendaratan helikopter.
Menurut Damen, LPD Enforcer mempunyai karakteristik dengan dermaga buritan yang menciptakan lingkungan yang terlindung untuk pengerahan landing craft (perahu pendarat) dalam kondisi buruk hingga Sea State 4. Fitur ini menghasilkan weather window yang ekstensif memungkinkannya beroperasi untuk 80% dari waktu di seluruh dunia, sedangkan konsep alternatif yang diajukan pesaing biasanya hanya mampu mencapai 30%.
Desain Enforcer mencakup berbagai hal fitur survivabilitas penting didalamnya, meskipun dengan biaya yang hemat, yaitu :
  • watertight integrity: pemenuhan syaratstabilitas dalam kondisi kapal mengalami kerusakan dalam kondisi merapat di dok dengan akses dek kargo tidak terhalang. Tidak ada pintu antara kompartemen dibawah bulkhead (dinding pemisah antar kompartemen) deck.
  • Fasilitas pengendalian kerusakan & sistem pemadam kebakaran
  • Pengurangan jejak: kontrol kebisingan, pengurangan RCS (radar cross section), pengurangan jejak infra merah, degaussing.
  • Peningkatan dalam mengantisipasi kerawanan: perlindungan nuklir, biologi, kimia, tahan guncangan, bulkhead tahan ledakan, 
  • penggandaan pada sistem penting untuk misi.

Ada setidaknya satu pesaing untuk MRSS yaitu galangan kapal Malaysia Boustead dan mitranya PT PAL dari Indonesia. Sebuah MoU antara kedua perusahaan tersebut ditandatangani pada pameran Indodefence di Jakarta tahun lalu. Di Malaysia, Damen bermitra dengan galangan kapal lokal Destini Shipbuilding untuk pengadaan tiga kapal patroli OPV baru untuk penjaga pantai Malaysia (MMEA).
Sumber : http://navyrecognition.com/
Bagikan :
+
0 Komentar untuk " LIMA 2017: Damen Tampilkan Proposal Desain MRSS Baru untuk AL Malaysia "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top