Akhir April, Sempatkan Nonton Jogja International Air Show 2017

Terjun Payung
Terjun Payung 

Acara Jogja International Air Show (JIAS) 2017 akan digelar pada akhir bulan April 2017. Acara yang rutin digelar setiap tahun dan kali ini menjadi yang ke-12 kalinya.
"Acara ini sudah berlangsung 12 kali. Mulai tahun ini naik kelas menjadi ajang internasional. Harapannya akan menjadi magnet tersendiri, tidak hanya wisatawan domestik tapi juga magnet mancanegara," ujar Danlanud Adisutjipto, Marsma TNI Novyan Samyoga, Selasa (4/4/2017).
Penyematan kata 'Internasional' dalam acara tahunan ini menjadi yang pertama kali. Akan tampil puluhan atlet dari berbagai negara yang akan ikut berpartipasi dalam acara tersebut.
Setidaknya ada 62 atlet terjun payung yang berasal dari Malaysia, Filipina, Kanada, Rusia, Thailand, Norwegia, Prancis, Amerika, Belgia, dan Jerman.
Samyoga menjelaskan acara ini terlaksana sebagai rangkaian Bulan Dirgantara, yakni memperingati HUT ke-71 TNI AU yang jatuh pada tanggal 9 April 2017.
"Rangkaiannya sudah dimulai dari tangal 21 April, pameran foto Dirgantara di Jogja City Mall selama 5-6 hari. Kemudian pada 26 April mulai kegiatan di Lapter (Lapangan Terbang) Gading, Gunungkidul," jelas Samyoga.
Di Lapter Gading, Gunungkidul, akan ada pertunjukan terjun payung dan rencananya akan ada pemecahan rekor nasional Big Formation dengan 30 jumper gun yang diturunkan dari Pesawat C-130 Hercules. Tak hanya itu, tim aerobatik TNI AU yakni Jupiter Aerobatic Team (JAT) juga akan beraksi di langit Gunungkidul.
"Kita kemarin berangkat ke Langkawi alhamdulillah semuanya lancar, apalagi ini kita Air Show di rumah kita sendiri. Ini akan menjadi pengenalan tim JAT ke publik," imbuhnya.
Hari berikutnya, Kamis, 27 April 2017, terjun payung digelar di Candi Prambanan tepatnya di Lapangan Shiwa Candi Prambanan, Sleman. Sedangkan pada Jumat 28 April 2017, terjun payung digelar di Candi Borobudur, Magelang.
"Prambanan dan Borobudur menjadi destinasi wisata yang merupakan magnet untuk penerjun mancanegara ke Indonesia," kata Samyoga.
Acara selanjutnya adalah karnaval yang akan digelar di Jalan Malioboro menuju Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta pada Sabtu 29 April 2017.
Acara puncak akan pada Minggu, 30 April 2017, di Depok Airstrip Kabupaten Bantul dan Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta. Rencananya Menteri Pariwisata dan Menpora akan hadir di acara tersebut.
"Acara ini terselenggara berkat kerjasama dan gotong royong antara sejumlah pihak, mulai dari TNI AU, pemerintah daerah dan sponsor. Kita nggak bicara angka. Ini anggap saja sumbangsih TNI AU kerjasama dengan Pemprov DIY," kata Samyoga.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak