Hari Jadi Militer Korut, AS Kirim Kapal Selam Nuklir

 USS Michigan
 USS Michigan 

Seorang pejabat pertahanan Amerika Serikat menyebut kapal selam pembawa peluru kendali milik negaranya, USS Michigan, direncanakan akan berlabuh di Korea Selatan, Selasa ini (25/4).
Pejabat tersebut mendeskripsikan gerakan ini sebagai penunjukan kekuatan di tengah ketegangan antara AS dan Korea Utara.
Kapal selam nuklir milik Angkatan Laut Amerika itu direncanakan akan bersandar di Busan, di hari yang sama dengan peringatan hari jadi tentara Korea Utara.
Di sana, kapal tersebut akan mengisi pasokan, mungkin akan melakukan perbaikan dan melakukan aktivitas kargo.
Rencana USS Michigan berlabuh di Korea Selatan ini pertama kali dilaporkan oleh koran Dong-A-Ilbo.
USS Michigan bisa dikerahkan di Laut Jepang, yang dikenal juga sebagai Laut Timur, tak jauh dari Semenanjung Korea, kata Carl Schuster, profesor Universitas Hawaii Pasifik sekaligus mantan direktur operasi Pusat Komando Intelijen Gabungan AS di Pasifik.
"Kapal selam nuklir lebih baik dioperasikan dalam kedalaman lebih dari 100 fatom di bawah permukaan (182 meter). Tidak selalu memungkinkan, tapi mereka punya banyak ruang vertikal untuk mengelak dan menghindar jika bertemu hal yang tidak diinginkan," kata Schuster kepada CNN.
Meski kapal selam ini diperkirakan tidak akan bergabung dalam latihan bersama Korsel, kehadirannya di kawasan bisa mengirim pesan kuat untuk Pyongyang.
Dipersenjatai rudal taktis dan kemampuan komunikasi yang ampuh, USS Michigan adalah satu dari empat kapal selam AS yang mulai dioperasikan sebagai pengangkut rudal balistik, membawa rudal nuklir sebagai bagian dari penangkalan nuklir strategis pemerintah Amerika.
Keempat kapal selam itu bisa membawa masing-masing 154 rudal jelajah Tomahawk. Selain itu, kapal-kapal ini bisa diam-diam mengerahkan 66 pasukan khusus berperlengkapan lengkap.
Sumber : http://www.cnnindonesia.com/internasional/20170425083503-134-209873/hari-jadi-militer-korut-as-kirim-kapal-selam-nuklir/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak