Inggris Jual Kapal Serbu Amfibi HMS Ocean (L12), Indonesia Perlu?

Kapal Serbu Amfibi HMS Ocean (L12)
Kapal Serbu Amfibi HMS Ocean (L12) 

The Diplomat.com, media online edisi 14 April 2017, menulis bahwa Angkatan Laut Kerajaan Inggris akan menjual kapal serbu amfibi HMS Ocean (L12), seharga 75 juta dolar Amerika atau sekitar 998 miliar rupiah. Angkatan Laut Inggris haris menjual HMS Ocean (L12) untuk mengantisipasi kehadiran dua kapal induk terbarunya, HMS Queen Elizabeth dan HMS Prince of Wales.
Rumor yang beredar adalah Brasil merupakan calon pembeli HMS Ocean (L12), namun The Diplomat mengingatkan bahwa rumor itu bisa saja berantakan dengan cepat. Media ini mengingatkan gagalnya Rusia membeli dua kapal amfibi kelas Mistral dari Prancis yang akhirnya dibeli Mesir.
The Diplomat menulis bahwa bila Brasil gagal beberapa negara Asia Pasifik mungkin tertarik membelinya. Media ini menyebutkan bahwa Indonesia memiliki wilayah laut yang luas dan untuk menjaga kemampuan HA/DR (High Availability/Disaster Recovery), memerlukan kapal amfibi yang besar seperti HMS Ocean (L12).
HMS Ocean (L12) dirancang sebagai kapal pendaratan helikopter atau Landing Platform Helicopter (LPH). Dek kapal yang luas (170 x 33 m)cukup untuk pendaratan enam helikopter. Hanggar kapal dapat menampung 12 helikopter angkut medium EH.101 Merlin, CH-47 Chinook, dan Westland Commando) dan 6 helikopter serang (Lynx AH.7, WAH-64D Apache).
HMS Ocean (L12) dapat membawa 480 hingga 800 pasukan. Kapal ini juga dapat membawa 40 kendaraan taktis ringan, empat Landing Craft Vehicle Personnel (LCVP) Mk.5 atau dua hovercraft Griffon untuk mendaratkan pasukan secara cepat. HMS Ocean (L12) tidak dirancang untuk membawa tank kelas berat atau main battle tank (MBT).
HMS Ocean (L12) mulai masuk pelayanan Angkatan Laut Inggris, pada 1998. Kapal berbobot 21.000 ton ini mampu melaju hingga kecepatan 18 knot. Kapal ini dapat berlayar hingga 12.800 km pada kecepatan 10 knot.HMS Ocean (L12) dipersenjatai dengan empat meriam kembar Oerlikon 30 mm dan tiga Phalanx 20 mm sebagai CIWS atau pertahanan jarak pendek. (Herru Sustiana)
Sumber : TSM

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak