Radar Militer

Blog Berita Seputar Aktivitas Militer Terbaru

Agar Efektif, Gunakan Fitur Pencarian (Search) Untuk Mencari Berita di Radar Militer

Korea Selatan Produksi Kapal tanpa Awak LIG Nex 1 untuk Mengintai Korea Utara

Kapal tanpa Awak LIG Nex 1
Kapal tanpa Awak LIG Nex 1 

Angkatan Laut Korea Selatan pada Mei mendatang akan melakukan uji coba pengoperasian kapal laut tanpa awak. Kapal ini dilengkapi sistem persenjataan untuk digunakan di perairan yang berbatasan dengan Korea Utara.
"Uji coba pengoperasiannya oleh Angkatan Laut dari Mei sampai Juli mendatang," ujar Badan Program Akuisisi Pertahanan (DAPA) Korea Selatan, seperti dilansir Korea Times, 27 April 2017.
DAPA meluncurkan proyek kapal yang dilengkapi persenjataan tapi tak berawak pada akhir 2015 bekerja sama dengan LIG Nex 1, perusahaan lokal di bidang pertahanan. Proyek pembuatan kapal ini berbiaya US$ 2,9 juta atau sekitar Rp 38,6 miliar.
Kapal laut tanpa awak ini memiliki panjang 8 meter, berat bobot 3 ton, dan kecepatan 30 knot. Sistem persenjataannya tidak dijelaskan secara rinci, tapi ada water cannon dan senjata pendukung lain. Semua pengerjaannya rampung November tahun lalu.
Kapal laut tanpa awak ini nantinya berfungsi memantau, mengintai, melakukan pengejaran, dan menerabas hambatan.
Beberapa pejabat DAPA mengatakan kapal laut tak berawak ini dapat menjadi model bagi militer untuk mengambil inisiatif dalam pengembangan dan penggunaan teknologi robot bergerak secara otonom.
Bagikan :
+
0 Komentar untuk " Korea Selatan Produksi Kapal tanpa Awak LIG Nex 1 untuk Mengintai Korea Utara "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top