Mengintip Latihan Marinir Yang Sempat Membuat Ngeri Militer Asing

Latihan Marinir TNI AL
Latihan Marinir TNI AL 

Sebanyak 99 anggota TNI dan 2 KRI mengikuti latihan pemantapan Komandan Kompi dan Komandan Satuan Korp Marinir 8 April sampai 17 April 2017 di beberapa tempat pusat latihan marinir Karang tekok, Pantai Banongan , gunung Baluran dan sekitarnya di Situbondo Jawa Timur. yang sudah memasuki akhir latihan Senin (17/4).

Dalam Latihan Pemantapan ini melibatkan peserta sebanyak 57 personel Komandan Kompi dan 42 personil Komandan Satuan dengan tujuan memelihara dan meningkatkan kemampuan serta ketrampilan Jabatan Komandan Kompi (DANKI) dan Komandan Satuan (DANSAT) setingkat Danyon/Dansatpur dijajaran Koprs Marinir.
Komandan Puslatpur MAR-5 (Kolatmar) Baluran Situbondo Letkol Marinir Arif Prasetyo Purwoko, S.E., M.Tr.Hanla. kepada Beritalima.com menjelaskan ada beberapa macam dan metode latihan seperti Latihan teknis dan taktis tanpa pasukan ada juga Teori ceramah dan demonstrasi, Drill teknis dan taktis serta Geladi model, geladi peta, geladi medan dan geladi lapangan.
“Sasaran atau tujuannya dari latihan ini sendiri guna menjamin dan memelihara kemampuan setiap Danki dan Dansat Marinir, agar mampu dan memahami dalam mengaplikasikan materi latihan akademik, latihan aspek darat dan aspek laut, secara baik dan profesional, dimanapun bertugas”Ujar Kolatmar Arif Prasetyo.
Sedangkan Materi Latihan dikatakan oleh Kolatmar Letkol Marinir Arif Prasetyo Purwoko meliputi Renang 2000 meter, Dayung Perahu Karet, Eksersisi Perahu Karet, Menembak, Latihan pertempuran, Pendaratan khusus, Operasi Amfibi, Raid Amfibi, Serangan operasi darat, Pertahanan dan Kebut gunung baluran.
“Komandan lapangan merupakan inspirator, penggerak kegiatan serta contoh bagi seluruh prajurit, maka keberhasilan dalam sebuah satuan, tidak lepas dari pada peran dan kinerja komandan di lapangan, dengan adanya kesadaran untuk terus berlatih seperti ini , akan mampu memelihara kemampuan, dalam menjaga kesatuan maupun NKRI,”Tegas Arif Prasetyo.
Menyaksikan kehebatan secara dekat latihan yang dilakukan oleh TNI, dengan skill yang mumpuni walau tak didukung alutsista yang canggih, tak berlebihan rasanya bila pasukan Marinir Indonesia disegani oleh militer Asing termasuk Amerika, seperti yang diungkapkan mantan Jenderal US marine (purn) Peter Pace di sebuah Talk show di TV ABC 13 Texas Amerika sekitar 2014 silam, yang menempat posisi ke 3 untuk Marinir Indonesia dalam jajaran elit Marinir dunia. (JOE)
Sumber : https://www.beritalima.com/2017/04/17/mengintip-latihan-marinir-yang-sempat-membuat-ngeri-militer-asing/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak