Pasca-Perang Dingin, Rusia Tingkatan Patroli Kapal Selam

Kapal Selam Rusia
Kapal Selam Rusia 

Angkatan Laut Rusia mengatakan bahwa mereka meningkatkan patroli kapal selam semenjak Perang Dingin berakhir.
Laksamana Vladimir Korolyov, Kepala Staf Angkatan Laut Rusia, menyatakan, awak kapal selam mereka menghabiskan lebih dari 3.000 hari untuk berpatroli pada akhir tahun lalu.
Dia menambahkan, sekarang ini mereka sedang mencocokkannya jam patroli tersebut dengan tingkat operasional di era Uni Soviet. "Ini sebuh level luar biasa," katanya kepada kantor berita pemerintah RIA Novosti.
Setelah Uni Soviet runtuh pada 1991, militer Rusia terpaksa menjadikan armada lautnya besi tua. Bahkan banyak pelabuhan militer tak beroperasi karena tidak ada dana.
Namun dalam beberapa tahun ini militer Rusia mulai meningkatkan program modernisasi militernya. Peningkatan itu muncul di tengah ketegangan dengan Barat atas masalah Ukraina dan keterlibatannya dalam perang di Suriah.
Pernyataan Korolyov itu disampaikan setelah angkatan laut Rusia meluncurkan Yasen, sebuah kapal selam baru bertenaga nuklir.
Dia mengatakan kepada media, kapal selam baru ini paling modern di dunia dan memiliki kebisingan suara terendah sehingga sulit dilacak musuh.
Angakata Laut Rusia merencakanan melengkapi Yasen dengan sebjata torpedo dan misil permukaan. Misil ini sudah pernah diuji coba pertama kali pada perang Suriah.
Sumber : https://dunia.tempo.co/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak