Produksi Massal MBT Altay Buatan Turki akan Dimulai pada Mei 2017

MBT Altay Buatan Turki
MBT Altay Buatan Turki 

Menurut situs Turki Anadolu Agency, Menteri Pertahanan Turki Fikri Isik telah mengumumkan mulainya produksi massal Main Battle Tank (MBT) buatan Turki Altay adalah pada Mei tahun ini. MBT Altay telah lulus semua pengujian dengan berhasil pada akhir Februari lalu, ia menambahkan.
MBT Altay adalah tank tempur utama generasi terbaru yang dirancang dan dikembangkan oleh Perusahaan Turki Otokar. Proyek Altay dikelola oleh Turkish Ministry of Defence Undersecretariat for Defence Industries (SSM) dan dikerjakan oleh Otokar sebagai kontraktor utama.
Pada bulan Maret 2007, Kantor Wakil Kementerian Pertahanan Turki untuk Industri Pertahanan memilih Otokar sebagai kontraktor utama Proyek MBT Altay Tahap I yang meliputi desain, pengembangan, pengujian dan kualifikasi prototipe. Sebuah kontrak selama 78,5 bulan ditandatangani pada tahun 2008, senilai sekitar USD500 juta. Sebanyak 250 MBT direncanakan akan diproduksi untuk Angkatan Darat Turki.
Persenjataan utama dari MBT Altay terdiri dari satu meriam smoothbore MKE 120mm/55 calibre yang mampu menembakkan berbagai jenis amunisi termasuk amunisi KE (kinetic energy) yang kompatibel dengan NATO STANAG 4385. Meriam itu sendiri terdiri dari fume extractor, thermal sleeve dan muzzle reference system dan dimuat amunisinya secara manual. Meriam tersebut juga memiliki kemampuan untuk menembakkan rudal berpemandu laser. Amunisi 120mm siap pakai disimpan dalam turret bustle dan blow out panel dipasang pada atap turret.
MBT Altay juga dipersenjatai dengan senapan mesin koaksial FN MAG 7,62mm yang dipasang di samping persenjataan utama 120mm dengan pilihan lebih lanjut untuk senapan mesin tambahan yang dapat dipasang pada sisi kiri atap turret dan dioperasikan oleh loader (pengisi amunisi).
Selain itu, ada ruang untuk remote controlled weapon station (RCWS) yang dipasang diatas atap turret dimana memiliki kemampuan untuk membawa senapan mesin 7,62mm atau 0,50-cal (12,7mm) atau peluncur granat otomatis 40mm yang dapat dioperasikan baik oleh komandan tank atau loader. Perangkat pengendali senjata sepenuhnya merupakan perangkat elektronik, diintegrasikan dengan fire control system terkomputerisasi untuk kemungkinan perkenaan amunisi pertama yang tinggi melawan sasaran diam ataupun bergerak.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak