Radar Militer

Blog Berita Seputar Aktivitas Militer Terbaru

Agar Efektif, Gunakan Fitur Pencarian (Search) Untuk Mencari Berita di Radar Militer

Rusia Pamerkan Tank Utama T-72B3 Terbaru

Tank Utama T-72B3 Terbaru
Tank Utama T-72B3 Terbaru 

Walaupun AD Rusia sudah memiliki tank terbaru T-14 Armata, bukan berarti Main Battle Tank generasi sebelumnya dilupakan. AD Rusia memiliki puluhan ribu tank, tetapi bukan berarti itu adalah yang terbaru.
Tank modern generasi pertama seperti T-55 masih disimpan di gudang-gudang arsenal, begitupun T-62, T-64, dan T-80. Tulang punggung AD Rusia saat ini tentu saja masih mengandalkan pada T-72 dan varian modernisasinya, yaitu T-90A dan T-90MS.
Jamak terjadi praktek retrofit, yaitu mencangkokkan teknologi yang ada di tank terbaru ke tank-tank yang lebih lawas supaya tank tersebut terpelihara baik dan mampu menghadapi tantangan terkini.
Nah, standar T-72 yang jamak digunakan oleh AD Rusia saat ini adalah T-72B3 Rogatka (ketapel).
Dibandingkan versi T-72 awal, T-72B3 sudah mengalami peningkatan jauh baik dari segi teknik pembuatan hull, sistem proteksi, sistem kendali penembakan, dan mesin. T-72A dan T-72B AD Rusia pun perlahan-lahan diupgrade ke standar T-72B3.
Dalam defile persiapan parade hari kemenangan Soviet dalam Perang Dunia II (V-Day), AD Rusia kepergok menurunkan T-72B3 yang sudah dimodifikasi ulang. Varian ini lebih baik dari versi T-72B3 dasar.
Perubahan tersebut dapat dilihat pada sistem proteksi hull. Pada bagian samping, kini sudah dipasangi paket sistem ERA (Explosive Reactive Armor) Relikt yang awalnya hanya tersedia untuk varian T-90MS.
Relikt melindungi bagian samping T-72 yang cukup rawan. Selama ini hanya ditutup oleh mud guard karet atau paket ERA Kontakt-2 yang kurang efektif. Relikt menutup seluruh sisi samping sehingga roda lincir pun hanya terlihat sedikit saja dari arah luar.
Paket Relikt yang berbentuk panel besar terpasang memanjang hingga tiga per empat panjang sisi hull. Relikt kemudian bertemu dengan segmen ruang mesin yang dilindungi oleh slat armor atau pagar teralis penahan hantaman RPG-7.
Slat armor ini juga dipasang pada bagian belakang mesin, sehingga sepenuhnya melindungi mesin yang ketebalan dindingnya lebih tipis dari bagian hull yang lain.
Format pemasangan Relikt pada T-72B3 ini tidak sampai menyentuh bagian depan atau glacis yang masih mempertahankan balok Kontakt-5 dan panel applique tambahan.
Perubahan lainnya juga tampak pada kubah. T-72B3 terbaru ini mendapatkan proteksi tambahan berupa satu panel Kontakt-5 yang dipasang berbentuk belah ketupat, tepat di sisi kiri dan kanan kubah.
Pada varian T-72B3 standar, bagian ini dibiarkan kosong sehingga rawan apabila terkena tembakan.
Kotak penyimpanan perlengkapan di bagian samping belakang kubah yang merupakan salah satu model bawaan T-72 standar dan tak pernah berubah. Namun T-72B3 memberi pembenahan kepada kotak itu.
Posisi ruang penyimpanan tersebut digantikan oleh balok-balok ERA yang terbagi atas lima segmen pada setiap sisi. Sementara pada bagian belakang kubah juga dapat dipergoki slat armor yang dipasang cukup menjorok dari bagian belakang kubah.
Seperti biasa, hasil modernisasi T-72B3 ini tidak akan hanya digunakan oleh AD Rusia saja. Sudah jamak bagi Rusia untuk menawarkan modernisasi tersebut ke negara-negara lain yang banyak menggunakan keluarga T-72.
Tidak menutup kemungkinan, T-72B3 modernisasi terbaru ini akan dikirimkan juga ke Suriah untuk memvalidasi penggunaannya di medan pertempuran. Aryo Nugroho
Bagikan :
+
0 Komentar untuk " Rusia Pamerkan Tank Utama T-72B3 Terbaru "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top