Serbia Ingin Beli Sistem Rudal S-300 Rusia

Sistem Rudal S-300 Rusia
Sistem Rudal S-300 Rusia 

Serbia membutuhkan dua divisi sistem rudal S-300 buatan Rusia dan pos komando untuk melindungi wilayah udara. Demikian yang dikatakan Presiden Serbia Aleksandar Vucic. Pembelian itu mungkin tampaknya sedang dibahas dengan Rusia dan Belarus.
Vucic mengatakan bahwa dia secara pribadi telah membahas pembelian S-300 dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Belarusia Aleksandr Lukashenko.
“Belum ada kesepakatan tentang S-300. Saya sebutkan itu selama pembicaraan dengan Presiden Putin, dan kami berbicara tentang hal itu. Kami membahas dengan Presiden Lukashenko juga,” katanya seperti dikutip dari Russia Today, Senin (17/4/2017).
Vucic terakhir mengunjungi ibukota Belarus, Minsk, pada akhir Januari, dan Moskow pada bulan Desember, ketika ia masih menjadi perdana menteri Serbia.
“Bagi kami itu akan menjadi penting untuk memiliki dua divisi (S-300) dan satu pos komando resimen, yang akan menjadi solusi bagi kita selama bertahun-tahun yang akan datang,” katanya.
Presiden Serbia juga mengomentari laporan terbaru di media yang mengklaim bahwa Rusia telah menjual sistem S-300 ke Kroasia pada 1990-an yang melanggar embargo PBB yang diberlakukan karena perang saudara Yugoslavia.
“Kami tidak memiliki informasi jika Kroasia memiliki S-300. Umumnya, seseorang tidak dapat menyembunyikan hal seperti itu, itu bukan jarum,” kata Vucic.
Vucic juga mengatakan bahwa Beograd, yang merupakan sekutu terdekat Moskow di Balkan, telah menyegel kesepakatan untuk menerima enam jet tempur Rusia MiG-29 untuk Serbia.
Angkatan bersenjata Serbia akan menerima pesawat, serta 30 tank T-72 dan 30 BRDM-2 pengangkut personel, pada istilah yang sangat istimewa, hanya perlu membayar untuk perbaikan dan peningkatan.
Pada akhir Maret, para pejabat militer Serbia mengatakan transfer akan berlangsung dalam beberapa minggu mendatang.
Sumber : https://international.sindonews.com/read/1197645/41/serbia-ingin-beli-sistem-rudal-s-300-rusia-1492368105

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak