TATRA Modernisasi 33 Howitzer Swagerak Dana 8x8 152mm AD Ceko

Howitzer Swagerak Dana 8x8 152mm AD Ceko
Howitzer Swagerak Dana 8x8 152mm AD Ceko 

Perusahaan Ceko Tatra telah memenangkan kontrak untuk memodernisasi 33 howitzer swagerak 152mm Dana milik Angkatan Darat Ceko. Kementerian Pertahanan Ceko berencana akan menyerahkan kendaraan hasil modernisasi DANA M1M antara tahun 2018 dan 2020.
Howitzer swagerak 152 mm Dana dikembangkan pada akhir tahun 1970 oleh Perusahaan Ceko ZTS untuk memenuhi kebutuhan operasional Angkatan Darat Ceko untuk sistem artileri swagerak mobile yang baru. Howitzer Dana didasarkan pada chassis truk Tatra 815 VP 31 29265 8×8 yang menawarkan mobilitas tingkat tinggi dalam segala kondisi medan.
Howitzer Dana 152 mm dipersenjatai dengan satu meriam 152mm dengan muzzle brake dan mampu menembakkan amunisi seperate loading type (terdiri dari projectile dan charge) yang sama dengan sistem artileri swagerak 152 mm 2S3.
Dana dilengkapi dengan sistem pemuatan otomatis yang memuat proyektil dan kemudian charge-nya menggunakan pendorong otomatis. Senjata itu bisa dimuat di semua sudut elevasi. Sistem pemuatan otomatis memungkinkan 30 peluru amunisi ditembakkan dalam 30 menit atau 90 peluru dalam 1 jam dengan proyektil dan charge disimpan dalam magazin.
Dana dapat menembakkan berbagai jenis amunisi artileri termasuk HE dan HEAT dengan jarak maksimum 18,7 km. Ada juga proyektil yang disempurnakan, yaitu Czech EOFd, dengan jangkauan maksimum 20.080 m.
Upgrade Dana M1M yang baru akan mencakup chassis dan mesin baru untuk meningkatkan kemampuan mengemudi dan manuver kendaraan. Ergonomi kabin depan akan berubah seiring dengan bertambahnya ruang internal. DANA M1M akan dilengkapi dengan sistem pemanas dan pendingin udara baru yang memberikan kenyamanan lebih bagi awak dalam kondisi iklim yang ekstrem.
Perbaikan lain untuk DANA M1M juga mencakup auxiliary power unit, sistem komunikasi C4I, sistem fire control baru, kamera penglihatan malam untuk pengemudi dan kamera belakang.
Amunisi artileri baru DN1CZ juga akan tersedia, yang memungkinkan penembakan pada jarak maksimum 25.500 m.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak