Radar Militer

Blog Berita Seputar Aktivitas Militer Terbaru

Agar Efektif, Gunakan Fitur Pencarian (Search) Untuk Mencari Berita di Radar Militer

Tiongkok Luncurkan Kapal Induk Baru Type 001A Buatan Dalam Negeri

Peluncuran Kapal Induk baru Type 001A China
Peluncuran Kapal Induk baru Type 001A China 

Tiongkok telah meluncurkan kapal induk baru Type 001A untuk Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA). Upacara peluncuran kapal induk kedua Tiongkok tersebut diadakan di Dalian Shipyard of China Shipbuilding Industry Corporation (CSIC) pada pagi hari tanggal 26 April 2017. Jenderal Fan Changlong, anggota biro politik Komite Pusat Partai Komunis Tiongkok dan wakil ketua Komisi Militer Pusat Tiongkok menghadiri upacara tersebut dan menyampaikan pidatonya.
Upacara tersebut dimulai dengan lagu kebangsaan yang megah pada pukul 09:00 dan sebotol sampanye dipecahkan di kapal induk sebagai suatu tradisi. Setelah itu, kapal induk baru itu perlahan ditarik keluar dari galangan kapal dan dipindahkan ke dermaga.
Kapal induk kedua tersebut sepenuhnya dibangun didalam negeri Tiongkok. Tiongkok mulai membangunnya pada bulan November 2013. Saat ini, hull utama kapal induk tersebut telah selesai dan perangkat sistem utama termasuk power supply telah dipasang pada tempatnya.
Undocking dan launching adalah salah satu peristiwa penting dari konstruksi kapal induk baru tersebut, menandai bahwa Tiongkok telah membuat pencapaian bertahap yang signifikan dalam merancang dan membangun kapal induk secara mandiri. Selanjutnya, kapal induk akan menguji perangkat sistemnya dan melakukan fitting-out seperti yang direncanakan, dan mulai melakukan uji mooring.
Panglima Angkatan Laut PLA Shen Jinlong, Komisar Politik Angkatan Laut PLA Miao Hua, dan Presiden CSIC Hu Wenming juga menghadiri upacara tersebut.
Sangat mudah untuk melihat perbedaan pada island (struktur diatas flightdeck) antara Liaoning, yang ditransformasikan oleh
Tiongkok dari kapal induk Varyag Soviet yang belum selesai dan kapal saudara barunya: kapal induk baru ini memiliki beberapa radar array yang lebih baik, island-nya dikatakan sekitar 10% lebih kecil. Sementara kapal itu sendiri dikatakan memiliki displacement yang lebih besar sekitar 10.000 ton.
East Pendulum melaporkan bahwa, menurut seorang mantan petugas teknis AL PLA, para insinyur dari CSIC shipbuilding group juga meninjau ulang rancangan internal kapal induk Type 001A untuk memperbaiki "anomali" yang terjadi yang dicatat setelah penggunaan kapal induk Liaoning secara intensif selama hampir lima tahun.
Bagikan :
+
0 Komentar untuk " Tiongkok Luncurkan Kapal Induk Baru Type 001A Buatan Dalam Negeri "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top