USS Gerald R Ford (CVN-78), Kapal Induk Super Berharga 173 Triliun Rupiah

USS Gerald R Ford (CVN-78)
USS Gerald R Ford (CVN-78) 

Delapan tahun setelah pembangunannya dimulai, awal bulan ini kapal induk milik Amerika Serikat, Gerald R Ford (CVN-78) menjalani uji coba pelayaran di Samudera Atlantik.
Kini calon kapal induk terbaru Amerika Serikat itu harus menjalani "finishing touch" sebelum siap untuk dioperasikan tahun depan.
USS Gerard R Ford (CVN-78) adalah sebuah kapal induk dengan klasifikasi "supercarrier" yang bobotnya lebih dari 70.000 ton. Saat ini Amerika Serikat memiliki 10 buah kapal induk semacam ini.
USS Gerald R Ford (CVN-78) diproyeksikan untuk menggantikan kapal induk kelas Nimitz yang masih beroperasi sejak mulai digunakan pada 1970-an.
Kapal induk kelas Nimitz bisa berlayar dengan kecepatan di atas 30 knot, berlayar 90 hari tanpa harus mengisi ulang perbekalan, dan bisa meluncurkan pesawat terbang ratusan kilometer dari sasaran.
Salah satu kapal induk kelas Nimitz adalah USS Theodore Roosevelt (CVN-71) yang bisa berlayar 159 hari tanpa singgah di pelabuhan saat bertugas dalam Operasi Enduring Freedom.
Desain kelas Nimitz memang telah mengakomodasi berbagai teknologi terbaru dalam beberapa dekade terakhir, tetapi tetap saja kemampuannya terbatas untuk teknologi terbaru.
Nah, USS Gerald R Ford (CVN-78) ini dirancang untuk mengikuti teknologi terbaru dengan desain yang jauh lebih efisien.
Salah satu yang ditingkatkan kemampuannya adalah dek yang juga berfungsi sebagai landasan pacu.
Dengan teknologi baru, Gerald R Ford (CVN-78) bisa melayani 160 sortie sehari dan bisa ditingkatkan hingga maksimal 270 sortie sehari.
Kapal induk kelas Gerald R Ford (CVN-78) ini juga memiliki pembangkit nuklir jenis baru, ketapel elektromagnetik, bisa mengangkut 75 pesawat, dan masa pakai hingga 50 tahun.
Selain itu, kapal induk kelas Gerald R Ford (CVN-78) bisa dioperasikan dengan jumlah kru yang lebih sedikit ketimbang kapal induk kelas Nimitz yaitu hanya 508 perwira dan 3.789 prajurit.
Lalu berapa biaya pembangunan kapal super ini? Biaya pembangunan kapal raksasa ini tidak murah yaitu 13 miliar dolar AS atau hampir Rp 173 triliun.
Data dan fakta USS Gerald F Ford (CVN-78)
  • 5.000 orang terlibat dalam pembangunan kapal induk ini 
  • Saat sudah selesai, kapal ini akan berbobot 100.000 ton atau sama dengan 400 Patung Liberty.
  • Diperlukan 200.000 galon cat berwarna abu-abu untuk melapisi kapal ini, cukup untuk mengecat 350 buah Gedung Putih.
  • Gerald R Ford akan dijuluki pangkalan terapung karena mampu mengangkut 4.600 orang dan 75 pesawat.
  • Kapal ini memiliki dek terbang dengan luas lebih dari 20.000 meter persegi.
  • Kapal induk ini menghasilkan 400.000 galon air bersih setiap hari.
  • Kapal ini memproduksi 15.000 porsi makanan setiap hari.
  • Kapal induk ini memiliki kecepatan di atas 30 knot atau sekitar 92 kilometer per jam.
  • Dengan kru yang lebih sedikit angkatan laut menghemat lebih dari 4 miliar dolar AS selama 50 tahun masa pakai kapal ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak