Radar Militer

Blog Berita Seputar Aktivitas Militer Terbaru

Agar Efektif, Gunakan Fitur Pencarian (Search) Untuk Mencari Berita di Radar Militer

Eneco Plasma Fusion, Teknologi Baru Sumber Tenaga Kapal Perang TNI AL

Eneco Plasma Fusion
Eneco Plasma Fusion 

Keterbatasan anggaran kerap menjadi momok dalam upaya menggelar kekuatan armada kapal perang TNI AL. Lebih khusus pada kebutuhan operasional bahan bakar kapal perang yang menjadi tantangan, bila ingin meronda laut lebih lama dengan endurance tinggi, maka kesiapan logistik bahan bakar harus memadai, dan itu langsung terkait dengan pagu anggaran yang telah ditetapkan. Belum lagi jika kapal patrol harus dipacu dengan kecepatan tinggi untuk mengejar perompak, kesemuanya akan lebih banyak menguras konsumsi bahan bakar.
Berangkat dari tantangan untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar kapal perang, kini TNI AL mendapat solusi terbaru dengan hadirnya mesin Eneco Plasma Fusion dari Eneco Holdings, Jepang. Seperti dikutip dari situs tnial.mil.id (8/5/2017), mesin Eneco Plasma Fusion merupakan alat ng mampu memperkecil anggaran karena mampu menghemat penggunaan bahan bakar solar. CEO Eneco Holdings Yasuhiro Yamamoto menyebut bahwa mesin ini dapat mengolah 50 persen air dan 50 persen solar menjadi bahan bakar yang dapat digunakan pada semua mesin yang menggunakan bahan bakar solar. Bicara soal kapasitas, dalam 24 jam mesin Eneco Plasma Fusion dapat menampung 12.000 liter air dan solar.
Menurut Yasuhiro, di Jepang sendiri saat ini belum banyak perusahaan yang bisa melakukan pencampuran proses air menjadi bahan bakar karena harus mendapatkan izin atau lisensi dari pemerintah. “Hanya perusahaan Eneco Holdings yang mampu lulus uji lisensi dari pemerintah Jepang,” ucapnya. Secara teknologi, Eneco Plasma Fusion bisa merealisasikan rasio pencampuran air sekitar 70 persen, baik air ledeng maupun air sumur, dengan proses penyulingan bahan bakar yang telah dilakukan “plasma fusion”. Sistem kerja peralatan ini mempunyai sistem kerja secara sistematik antara air dan solar dengan 100 persen hasilnya solar.
Terkait dengan TNI AL, PT Eneco Holdings telah menghibahkan fasilitas mesin Eneco Plasma Fusion kepada pihak Komando Armada Timur (Koarmatim) dengan membangun gedung Eneco Plasma Fusion di Dermaga Ujung, Surabaya.
Karena merupakan teknologi baru, maka selalu ada risiko yang mungkin terjadi, dan PT Eneco Holdings telah mengasuransikan senilai 1 juta dolar AS seandainya penggunaan peralatan ini bermasalah. “Alat ini hanya dipakai untuk mesin diesel. Mudah-mudahan bermanfaat bagi Koarmatim dan TNI AL,” ujar Yasuhiro Yamamoto.
Kepala Dinas Perbekalan dan Material Koarmatim Letkol Laut (KH/W) Uciek Darmayani saat mendampingi proses uji coba mengucapkan termikasih atas hibah mesin Eneco Plasma Fusion. Menurut dia, peralatan mesin ini akan sangat bermanfaat, khususnya untuk menghemat bahan bakar solar pada kapal-kapal perang yang dimiliki Koarmatim. (Gilang Perdana)
Bagikan :
+
0 Komentar untuk " Eneco Plasma Fusion, Teknologi Baru Sumber Tenaga Kapal Perang TNI AL "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top