Radar Militer

Blog Berita Seputar Aktivitas Militer Terbaru

Agar Efektif, Gunakan Fitur Pencarian (Search) Untuk Mencari Berita di Radar Militer

Kapal Induk USS Carl Vinson Memasuki Wilayah Indonesia Sejak 15 April

Perjalanan Kapal Induk USS Carl Vinson
Perjalanan Kapal Induk USS Carl Vinson 

Perjalanan Kapal Induk AS bertenaga nuklir USS Carl Vinson yang membawa serta pesawat tempur, helikopter dan pasukan militer Amerika Serikat (AS) ke wilayah Indonesia, ternyata sudah memasuki Indonesia sejak 15 April lalu.

Dan ini sudah berdasarkan izin dari Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.
"Sebelumnya mereka mencoba melewati Laut China Selatan sampai dengan 14 April 2017. Namun karena dianggap mungkin kurang baik, dapat menimbulkan konflik internasional terutama dengan China nantinya," ungkap sumber Tribunnews.com, Selasa (9/5/2017).
Carl Vinson ke luar Singapura tanggal 8 April menuju arah Laut China Selatan.
Setelah berada di dekat Laut China Selatan 14 April, kemudian kapan berbalik arah ke Selatan, menuju Selat Sunda Indonesia yang tiba tanggal 15 April 2017.
Dari Selat Sunda Indonesia menyusuri Pulau Jawa (apakah lewat pesisir utara atau lewat pesisir selatan belum diketahui), lalu menuju ke Selat Makassar tiba 21 April lalu, yang kemudian menuju Filipina lalu ke Okinawa, tiba 26 April 2017.
Di akhir April itu pula, kapal induk terbesar Jepang Izumo mulai diluncurkan dari pangkalan Yokosuka menuju Okinawa dan bergabung dengan Carl Vinson untuk melakukan latihan militer bersama dekat semenanjung Korea, tiba 29 April di semenanjung Korea.
Kapal selam AS nuklir Michigan di Busan, Korea juga hadir 25 April dengan isi 154 kepala ledak peluru kendali Tomahawk serta 66 awak kapalnya.
Carl Vinson (CVN70) dengan panjang 333 meter dengan lebar 77 meter, berat 102.900 ton dibangun mulai 11 Oktober 1975 dan dioperasikan mulai 15 Maret 1980.
Nama panggilan kapal induk ini adalah Gold Eagle.
Selain penempatan dalam Operasi Desert Strike, Operasi Pembebasan Irak, Operasi Southern Watch, dan Operation Enduring Freedom, Carl Vinson terlibat dalam sejumlah peristiwa penting.
Tubuh Osama bin Laden dimakamkan di dalam laut pada tahun 2011 dari dek Carl Vinson.
Pada tahun yang sama, pada Hari Veteran, Carl Vinson menjadi tuan rumah pertandingan bola basket NCAA pertama di kapal induk, antara North Carolina dan Michigan State.
Sumber : http://www.tribunnews.com/internasional/2017/05/09/kapal-induk-uss-carl-vinson-memasuki-wilayah-indonesia-sejak-15-april
Bagikan :
+
0 Komentar untuk " Kapal Induk USS Carl Vinson Memasuki Wilayah Indonesia Sejak 15 April "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top