Radar Militer

Blog Berita Seputar Aktivitas Militer Terbaru

Agar Efektif, Gunakan Fitur Pencarian (Search) Untuk Mencari Berita di Radar Militer

Kaplan MT, Tank Medium Buatan Kerjasama FNSS dan PT Pindad

Kaplan MT, Tank Medium FNSS dan PT Pindad
Kaplan MT, Tank Medium FNSS dan PT Pindad 
Prototipe tank medium yang diproduksi FNSS diberi nama Kaplan atau Harimau dalam bahasa Turki tampil dalam pameran IDEF (International Defense Industry Fair) ke-13 yang berlangsung di Istanbul, Turki, pada 9-12 Mei 2017. Kaplan MT merupakan produk bersama antara FNSS (Turki) dan PT Pindad (Indonesia). FNSS menyebut Kaplan MT sebagai Modern Medium Weight Tank (MMWT). Untuk prototipe yang di produksi PT Pindad belum bisa dipastikan apakah juga akan memakai nama angker Harimau.
Pada Indo Defence 2016, kedua perusahaan memang telah menyebut akan meluncurkan prototipe medium tank pada tahun 2017. Baik FNSS dan PT Pindad selama ini membangun dua prototipe, satu unit di Turki dan satu lagi di fasilitas produksi PT Pindad. Pengembangan bersama desain arsitektur Kaplan MT terdiri dari perlindungan balistik dan ranjau yang canggih dengan berbagai kemampuan menembak, mulai dari dukungan infantri hingga anti kendaraan lapis baja.
Interior tank medium Kaplan dirancang secara khusus, karena postur awak dan kondisi medan tempur yang berbeda, antara Turki dan Indonesia. Kursi pengemudi dirancang agar awak tank mempunyai jarak pandang yang luas dan mudah ke dashboard atau alat penggerak lainnya.
Tank Medium Kaplan MT dilengkapi dengan turet CMI Cockerill 3105 i dengan meriam bertekanan tinggi Cockerill 105mm. Sistem pemuatan amunisi otomatis yang canggih membuat Kaplan MT sangat mematikan, walau pun berbobot ringan.
FNSS dan PT Pindad mengembangkan tank medium Kaplan MT dengan platform teknologi modern sehingga memiliki kemampuan menembak yang superior, didukung manajemen tempur dan sistem peringatan laser.
Dari beberapa foto yang beredar, Nampak Kaplan MT terlihat lebih perkasa ketimbang yang diperkirakan saat melihat mockup-nya di Indo Defence 2016. FNSS memang tak setengah hati mengembangkan medium tank ini, berangkat dari pengalaman buruk saat MBT Leopard AD Turki dilumat rudal anti tank dari militan ISIS, maka Kaplan MT disebut-sebut hadir dengan proteksi balistik tingkat paling tinggi, STANAG 4569, pilihannya hingga level 4 dan level 5. Secara keseluruhan medium tank ini disiapkan untuk mampu menahan terjangan proyektil kaliber 30 mm. Plus Kaplan MT tahan terhadap efek ledakan ranjau ukuran besar.
Seperti yang sudah dipaparkan dalam spesifikasi teknis, Kaplan MT memang mencomot meriam XC-8 105HP (High Pressure) buatan CMI Belgia. Selain memang kodratnya melepaskan aneka proyetil, laras 105HP juga dapat memuntahkan rudal anti tank, yakni Falarick 105. Rudal yang masuk segmen Gun-Launched Anti-Tank Guided Missile (GLATGM) ini dapat menghajar sasaran sejauh 5.000 meter. Falarick 105 mampu membawa hulu ledak tandem hollow charge. Rudal seberat 25,2 kg ini dipandu dengan sistem semi otomatis lewat laser beam. Waktu yang dibutuhkan untuk terbang menyasar ke sasaran sekitar 17 detik. Falarik 105 punya panjang 1015 mm dengan kaliber 105 mm. Temperatur operasional rudal ini di rentang -40 hingga 60 derajat Celcius.
Disamping kiri laras meriam dipasangi senapan mesin sedang coaxial kaliber 7,62 mm Di bagian atas tengah kubah, ada lagi senapan mesin sedang kaliber 7,62 mm. Tapi senjata ini dioperasikan secara RCWS (remote control weapon system). Untuk proteksi, kubah dilengkapi pelontar granat asap kaliber 40 mm (4 buah di kanan dan 4 buah di kiri).
Pihak FNSS menyebut tank ini dapat melaju dengan kecepatan maksimum 70 km per jam, sementara jarak jelajahnya sampai 450 km. Dengan sokongan mesin diesel powerpack dengan performa tinggi, plus sistem transmisi otomatis, Si Kaplan punya power to weight ratio 20hp/ton.
Tank medium Kaplan MT mampu memberikan jaminan tembakan dukungan yang dibutuhkan pasukan di medan perang, dengan kecepatan respon yang luar biasa. kemampuan ini memberikan ketahanan dan mobilitas yang sangat tinggi di medang perang. (Herru Sustiana)
Sumber : TSM
Bagikan :
+
0 Komentar untuk " Kaplan MT, Tank Medium Buatan Kerjasama FNSS dan PT Pindad "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top