Kendaraan Pengangkut Personil Amfibi BT-3F

Amfibi BT-3F
Amfibi BT-3F 

BT-3F adalah kendaraan pengangkut personel (APC) amfibi beroda rantai yang dirancang dan diproduksi oleh perusahaan pertahanan Rusia Concern Tractor Plants. Kendaraan ini terutama dirancang untuk digunakan oleh unit infantri angkatan laut. Pengembangan kendaraan ini dimulai pada 2010 di bawah program "desain APC berbasis BMP-3". BT-3F ditampilkan pada bulan September 2016 di Forum Teknik Militer Internasional dekat Moskow Rusia. Kendaraan itu dikembangkan berdasarkan kendaraan tempur infanteri (IFV) BMP-3F (F singkatan dari Flotskaya, Marinized) yang ditujukan untuk Infantri Angkatan Laut (Naval Infantry) Angkatan Laut Rusia. BT-3F kemungkinan akan menggantikan APC BTR-80 yang digunakan oleh Infantri Angkatan Laut Rusia.
Persenjataan
BT-3F dilengkapi dengan remotely controlled weapon station (RCWS) DPV-T yang terpasang di atap depan kompartemen pasukan yang dipersenjatai dengan senapan mesin PKTM 7,62mm. RCWS ini dilengkapi dengan perangkat penglihatan yang merupakan kombinasi dari TV channel, sistem pencitraan termal untuk penglihatan malam hari, dan laser rangefinder. RCWS tersebut dapat berputar 360° dengan elevasi senjata -5° sampai +60°, kecepatan gerak 0,03° per detik sampai 40° per detik. Tiga pelontar granat asap dipasang di setiap sisi di bagian depan kompartemen pasukan. Satu senapan mesin PKT 7,62 mm dipasang di sisi kanan depan hull, menembak kearah depan yang bisa dioperasikan oleh salah satu dari tiga awak yang duduk didepan.
Desain dan perlindungan
Desain BT-3F didasarkan pada BMP-3F namun tanpa turret dan bagian tengah hull ditinggikan untuk memberikan volume internal yang lebih banyak bagi para pasukan infanteri. Kendaraan tersebut bisa membawa total 15 personil militer (maksimal 17 orang) termasuk pengemudi, komandan dan 13 pasukan infantri. Pengemudi duduk di depan kendaraan di tengah dan memiliki pintu hatch yang terbuka ke kanan dan tiga periskop siang hari yang memberikan pengamatan ke bagian depan kendaraan. Terdapat posisi anggota awak tambahan di kiri dan kanan posisi pengemudi, masing-masing dilengkapi dengan pintu hatch atap yang terbuka ke depan dan satu periskop siang hari di atap hull di depan pintu hatch. Kompartemen pasukan berada di bagian belakang hull dengan masuk melalui dua pintu di belakang hull yang membuka ke kiri dan kanan dan dua pintu hatch besar di bagian atas. Pintu belakang kiri memiliki lubang port penembakan. BT-3F mempunyai berat 18.500 kg. Hull BT-3F memiliki panjang 7 m, lebar 3,3 m, dan tinggi 3 m. Hull BT-3F merupakan konstruksi armor all-welded aluminium yang memberikan awak kendaraan dan pasukan infanteri yang dibawanya perlindungan dari tembakan senjata ringan dan serpihan amunisi artileri. Armor ini memberikan perlindungan Level 4 STANAG 4569 terhadap tembakan senapan mesin KPVT kaliber 14,5x114 mm pada jarak 200 m.
Mobilitas
BT-3F digerakkan oleh mesin diesel berpendingin air 4-langkah UTD-29M 10 silinder yang memberikan daya 500 hp yang dihubungkan ke transmisi hidromekanis dengan 4 kecepatan maju dan 2 kecepatan mundur. BT-3F memiliki suspensi torsion bar yang terdiri dari enam road wheel berlapis
karet ganda dengan roda idler di bagian depan, menggerakkan roda sprocket di bagian belakang dan tiga roller track-return. Road wheel memiliki suspensi hidro-pneumatik individu, yang terdiri dari pegas, shock-absorber dan perangkat elevasi yang memungkinkan ground clearance disesuaikan dari 190 mm menjadi 510 mm. Peredam kejut eksternal terpasang pada road wheel pertama, kedua, dan keenam. BT-3F dapat berjalan pada jalan raya dengan kecepatan maksimal 70 km/jam dengan jarak jelajah maksimum 600 km.
Aksesoris
Peralatan standar BT-3F mencakup kemampuan untuk membuat tabir asap dengan cara menyemprotkan bahan bakar diesel ke dalam exhaust outlet, sistem perlindungan NBC (nubika) dan sistem deteksi/pemadam api di kompartemen awak depan, belakang, dan kompartemen mesin. BT-3F juga dilengkapi dengan track adjustment system elektromekanis yang memungkinkan pengemudi menyesuaikan ketegangan rantai untuk kedua track tanpa meninggalkan tempat duduknya. BT-3F sepenuhnya berkemampuan amfibi yang bergerak di air dengan kecepatan maksimum 10km/jam oleh dua water jet yang dipasang di kedua sisi bawah di bagian belakang hull. Water jet ini digerakkan dari mesin dengan transmisi hidro-mekanis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak