Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik

Korut Luncurkan Rudal Balistik
Korut Luncurkan Rudal Balistik 

Korea Utara (Korut) menembakkan sebuah rudal yang tidak dikenal dari sebuah wilayah di dekat pantai barat. Demikian pernyataan yang dikeluarkan militer Korea Selatan (Korsel).

"Jenis rudal belum jelas," kata seorang pejabat militer Korsel melalui telepon seperti dikutip dari Reuters, Minggu (14/5/2017).
Kantor berita Yonhap melaporkan rudal yang diluncurkan tersebut tampaknya merupakan rudal balistik.
Peluncuran itu dilakukan di sebuah wilayah bernama Kusong yang terletak di sebelah barat laut ibukota, Pyongyang. Itu adalah lokasi di mana Korut sebelumnya telah meluncurkan rudal jarak menengah yang diyakini akan dikembangkan.
Jika dikonfirmasi, peluncuran tersebut adalah yang pertama dalam dua minggu sejak upaya terakhir untuk menembakkan sebuah rudal yang berakhir dengan kegagalan hanya beberapa menit setelah diluncurkan.
Korut mencoba namun gagal menguji coba peluncuran rudal balistik empat kali berturut-turut dalam dua bulan terakhir. Namun negara itu telah melakukan berbagai pengujian rudal sejak awal tahun lalu dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.
Pakar senjata dan pejabat pemerintah percaya Korut telah menyelesaikan beberapa kemajuan teknis dengan tes tersebut.
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memperingatkan dalam sebuah wawancara dengan Reuters pada akhir April bahwa sebuah "konflik besar dan utama" dengan Korut mungkin terjadi. Namun dia lebih memilih hasil diplomatik terhadap perselisihan mengenai program nuklir dan misilnya.
Peluncuran tersebut merupakan yang pertama sejak seorang presiden liberal, Mon Jae-in, baru mulai menjabat di Korsel pada hari Rabu lalu. Jae-in mengatakan bahwa dialog dan juga tekanan harus digunakan untuk meredakan ketegangan di semenanjung Korea dan menghentikan program senjata di Korut.
Meluncur sejauh 700 km, rudal Korut jatuh di Laut Jepang
Sebuah rudal yang diluncurkan oleh Korea Utara, Minggu, terbang sejauh 700 km, untuk kemudian jatuh di Luat Jepang, kata pemerintah Korea Selatan dan Jepang seperti dikutip Reuters.
Korea Utara menembakkan peluru kendali balistik tak dikenal sekitar pukul 5.27 pagi waktu Seoul dari daerah Kusong yang berlokasi di barat laut ibu kota Pyongyang, kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan.
Sumber militer Korea Utara menyebutkan bahwa AS dan Korea Selatan tengah menganalisis lebih jauh informasi ini.
Sementara itu Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga menyatakan bahwa peluru kendali itu terbang selama 30 menit untuk mendarat di Laut Jepang.
Sumber :
https://international.sindonews.com/read/1204954/40/korut-luncurkan-rudal-balistik-1494714356
http://www.antaranews.com/berita/629134/meluncur-sejauh-700-km-rudal-korut-jatuh-di-laut-jepang

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak