Korut Siap Duduk Satu Meja dengan AS

Bendera Korea Utara
Bendera Korea Utara 

Korea Utara (Korut) mengatakan akan mengadakan pembicaraan dengan Amerika Serikat jika kondisinya tepat. Demikian laporan media Korea Selatan (Korsel).
Seorang diplomat senior Korut mengatakan bahwa dialog dengan pemerintahan Trump dimungkinkan setelah sebuah pertemuan dengan mantan pejabat pemerintah AS di Norwegia.
Choe Son-hui, seorang pejabat di kementerian luar negeri Korut yang bertanggung jawab atas urusan Amerika Utara, mengatakan kepada wartawan di Beijing bahwa pembicaraan bilateral antara Pyongyang dan Washington akan dipertimbangkan seperti dikutip dari BBC, Sabtu (13/5/2017).
Choe memberikan komentar itu saat transit ketika kembali ke Pyongyang setelah pertemuan di Oslo. Ia adalah salah satu pejabat yang terlibat dalam perundingan nuklir di masa lalu.
Awal bulan ini Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa dia akan "merasa terhormat" untuk bertemu dengan Kim Jong-un. Trump mengatakan bahwa dia ingin menyelesaikan krisis Korut secara diplomatis. Namun sebuah "konflik besar" mungkin terjadi.
Komentar tersebut menyusul meningkatnya ketegangan selama berbulan-bulan terkait rudal balistik dan program nuklir Korut. Negara komunis ini telah terlibat dalam beberapa demonstrasi kekuatan militer beberapa pekan terakhir termasuk tes rudal.
AS telah menanggapi hal itu dengan mengirim kapal perang ke wilayah tersebut untuk menginstal sebuah sistem anti-rudal kontroversial di Korsel.
Sumber : https://international.sindonews.com/read/1204915/40/korut-siap-duduk-satu-meja-dengan-as-1494691075

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak