Menanti Kejutan Tank Medium Indonesia dalam IDEF 2017

FNSS Savunma Sistelieri AS
FNSS Savunma Sistelieri AS 

Tahun ini gelaran pameran IDEF (International Defence Industry Fair) yang merupakan pameran pamuncak industri pertahanan Turki terasa istimewa.
Maklum saja, secara perdana perusahaan FNSS Savunma Sistelieri AS yang menjadi mitra kerjasama PT Pindad dalam mengembangkan proyek Tank Medium Indonesia (TMI), akan memamerkan wujud nyata tank yang dikembangkan khusus sesuai spesifikasi yang telah ditentukan Kementerian Pertahanan RI.
TMI akan menjadi salah satu line up dari sejumlah kendaraan tempur yang akan dipamerkan FNSS dalam pameran.
Kalau sempat berkunjung ke website FNSS di fnss.com.tr, anda akan disambut oleh gambar serupa di web, ranpur diselubungi kain merah. IDEF 2017 seolah akan memungkasi gelar kedua perusahaan yang baru memamerkan maket konsep TMI dalam pameran Indo Defence 2017.
Nah, salah satu anggota forum militer Defence.pk dengan nama Silahtar memposting foto jejeran kendaraan tempur baru yang ada di bawah program Next Generation AFV di booth FNSS.
Tiap varian baru dari kendaraan tempur FNSS yang diselubungi kain coklat di booth FNSS seolah menambah aura misteriusnya.
Yang paling menarik tentu saja kendaraan di jajaran paling kiri, atau jika dalam foto adalah kendaraan yang berada paling jauh, di ujung. Sosoknya tetap terlihat sangat dominan, lebih besar dibanding saudara-saudaranya.
Selubungnya memanjang dan menjulang, menandakan kalau kendaraan di balik selubung memiliki kanon sangat panjang, seukuran kurang-lebih sama dengan kanon 105mm untuk TMI.
Konfirmasi angkasa.grid.id ke sumber di PT Pindad tidak menolak maupun mengiyakan mengenai identitas kendaraan tempur dengan kanon nan panjang di balik selubung coklat tersebut.
Jika dilihat ke bagian yang tidak tertutup, sudah jelas kalau sistem gerak kendaraan ini menggunakan roda rantai. Apakah ini memang Tank Medium Indonesia dimaksud?
Yang jelas, PT Pindad dan FNSS memang akan meluncurkan Tank Medium Indonesia dalam satu even resmi di pameran IDEF 2017. Kita nantikan bersama wujud akhir dari kendaraan tempur hasil rancang bangun anak negeri ini.
Yang jelas, akan ada kejutan akhir, terutama dari sistem senjata yang akan digunakan. Kita nantikan saja saat IDEF dibuka, hari ini, 9 Mei 2017. Aryo Nugroho

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak