'Mesin Perang' Amerika Kini Diekspor ke China

Kendaraan Humvee
Kendaraan Humvee  

Kendaraan Humvee identik dengan militer Amerika Serikat. Mesin perang ini kerap terlihat dalam operasi-operasi militer AS di Timur Tengah dan lainnya. General Motors (GM) selaku produsen telah menyuntik mati Humvee atau Hummer H1 pada 2006, disusul dengan penutupan merek Hummer pada 2010.
Sadar popularitas Humvee masih tinggi, sebuah perusahaan AS bernama Humvee Export mengambil peran dengan mendistribusikan kendaraan Humvee C-Series versi sipil untuk diekspor ke China. Di balik perusahaan ini adalah pengusaha yang juga mantan Vice Chairman GM, Bob Lutz, serta perusahaan VLF Automotive.
Presiden Humvee Export John Costin, seperti dikutip dari Car and Driver, mengatakan perusahaannya sudah meneken kerja sama dengan VLF untuk memproduksi C-Series di pabrik Michigan. Sementara perusahaan bernama AM General membuat aksesori kendaraan bongsor ini. Sebenarnya Humvee Export sudah memasarkan Humvee C-Series ke beberapa negara.
Untuk mengekspornya, Humvee Export bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan importir umum di berbagai negara dan China merupakan pasar terbarunya. Uniknya, Humvee C-Series tidak bisa dijual di AS karena terbentur regulasi. Kendaraan ini tidak bisa mendapatkan sertifikasi sebagai kendaraan replika dari Humvee yang sudah diproduksi sejak 25 tahun lalu.
Dampaknya, Lembaga Perlindungan Lingkungan AS (EPA) dan lembaga sertifikasi uji tabrak Low Volume Motor Vehicle Manufacturers Act tak bisa mengeluarkan sertifikat operasi kendaraan ini.
Sumber : http://news.okezone.com/read/2017/05/09/15/1686669/mesin-perang-amerika-kini-diekspor-ke-china

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak