Radar Militer

Blog Berita Seputar Aktivitas Militer Terbaru

Agar Efektif, Gunakan Fitur Pencarian (Search) Untuk Mencari Berita di Radar Militer

MiG, Pesawat Tempur yang Menjadi Andalan Pertahanan Udara di Banyak Negara

MiG-29 Fulcrum TUDM
MiG-29 Fulcrum TUDM 

Sejak pertama kali dibuat pada tahun 1940, hingga kini salah satu pesawat tempur kesohor asal Rusia, MiG masih menjadi andalan penjaga wilayah udara di banyak negara. Tak pernah terungkap berapa jumlah pesawat ini yang telah dibuat, namun pada tahun 2007 berdasarkan data dari majalah bulanan Airforce Monthly, tercatat lebih dari 11.000 unit telah di ekspor ke seluruh dunia. Pada tahun itu juga, sekitar 6.000 unit masih mengawal wilayah udara di lebih dari 50 negara.
Siapa yang tak kenal MiG, dinasti pesawat tempur hasil karya Artyom Ivanovich Mikoyan bersama Mikhail Iosifovich Guryevich yang amat dikenal ketangguhannya di dunia. Melalui fasilitas perancangannya (OKB-MiG), dua perancang tersebut juga amat dikagumi dunia berhasil menciptakan puluhan tipe pesawat kombatan dengan beragam variannya masing-masing.
Hasil karya mereka yang amat kesohor adalah MiG-29 Fulcrum dengan lebih dari 20 varian dan juga MiG-31 Foxhound, sang interceptor tercepat di dunia.
Kisah kehebatan MiG mulai go international kala mereka berhasil menciptakan jet tempur kedua, MiG-15 (Barat menjulukinya Fagot) yang turut andil dalam Perang Korea. Sontak pesawat ini pun menjadi musuh nomor satu militer Korea Selatan yang didukung Amerika Serikat (AS) dengan P-51 Mustang. Di kemudian hari, MiG-15 baru dapat tertandingi pasca diciptakannya F-86 Sabre oleh AS.
Di mata AS, Fagot meerupakan pesawat tempur pertama yang berhasil menerapkan keunggulan dari perpaduan teknologi sayap miring peninggalan Jerman dan mesin jet rangcangan Inggris. Sifat pemerintah Rusia (saat itu masih Uni Sovyet) yang selalu merahasiakan rekayasa mesin perangnya, semakin membuat pesawat-pesawat rancangan OKB-MiG terkesan lebih menakutkan.
Selain MiG-15 Fagot, ada pula MiG-29 yang juga menoreh popularitas di panggung pertempuran udara dunia. Pesawat tempur yang pertama kali diperkenalkan pada Oktober 1977 ini berhasil mencuri perhatian Barat tatkala pada masa Perang Dingin pesawat ini dikirim oleh AU Sovyet untuk memperkuat pertahanan Jerman Timur. MiG-29 merupakan lawan tanding F/A-18 ­Hornet, Dassault Rafale dan Mirage 2000.
Masih ada pesawat tempur lain yang dibuat OKB-MiG yang juga berhasil membuat dunia tercengang, yakni MiG-21 Fishbed dengan sayap deltanya. Pesawat yang pada Juli 1956 melakukan debut terbang perdananya berhasil memborong prestasi sebagai pesawat tercepat dan tertinggi. MiG-29 pada era tersebut mampu melesat dengan kecepatan 2,1 kali kecepatan suara (Mach 2,1) dan mampu terbang setinggi 59.000 kaki (18 km) di atas permukaan laut. A. Darmawan & Fery Setiawan
Bagikan :
+
0 Komentar untuk " MiG, Pesawat Tempur yang Menjadi Andalan Pertahanan Udara di Banyak Negara "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top