Pasukan Lintas Udara (Linud) Rusia Terima Ranpur BMD-4M

Ranpur BMD-4M
Ranpur BMD-4M 

Sebagai bagian dari modernisasi kekuatan mobilisasi udaranya, pasukan payung Rusia atau VDV (Vozdushno-desantnye Voyska) menerima kembali ranpur BMD-4M (Boyevaya Mashina Desant, Ranpur Pasukan Linud). Kontrak pembelian ranpur ini ditandatangani oleh Kementerian Pertahanan Rusia pada 2008 lalu.
Adalah 31st Independent Guards Airborne Assault Brigade yang menerima penyerahan kedua ranpur tersebut. BMD-4M sendiri akan menggantikan BMD-2 dan 3 yang sudah digunakan sejak era Perang Dingin.
BMD-4M dibuat oleh pabrikan Kurganmashzavod JSC, pabrik yang sama dengan yang membuat ranpur BMP-3F. Desainnya dikembangkan oleh Volgograd Tractor Plant dan Biro Desain Instrumen KBP Tula.
Karena pabriknya sama, kedua model ini berbagi desain yang mirip walaupun matranya berbeda.
Perbedaan yang tampak antara BMD-4 dan BMP-3 adalah tidak adanya palka untuk dua penembak senapan mesin pada posisi depan pada BMD-4.
Varian modernisasi dari BMD-4 mengalami perubahan pada desain hull yang lebih landai dan juga lebih tebal. Pelat applique juga ditambahkan untuk menghadapi ancaman munisi anti material.
Bobotnya sangat ringan, hanya di kisaran 13 ton, muat untuk dibawa oleh pesawat angkut medium Rusia sekelas Il-76 dan diterjunkan dengan menggunakan palet dan parasut. Mobilisasi memang jadi penentu utama desain BMD-4, yang ditujukan untuk memberikan bantuan tembakan organik bagi VDV.
Dibandingkan dengan pendahulunya, BMD-4M menggunakan desain hull yang jauh lebih lapang dibandingkan dengan BMD-2/3 yang terkenal sangat pengap.
Kapasitas angkutnya terdiri dari enam prajurit tempur di luar dua awak yang mengoperasikan kubah dan pengemudi yang duduk di depan. Sistem proteksi filter Nubika juga dipertahankan pada BMD-4.
Untuk sistem penggerak, dipasang mesin diesel UTD-29 baru berdaya 500 tenaga kuda yang ditempatkan di bagian belakang, di bawah lantai kabin kendaraan. Mesin ini menggantikan mesin 2V-09 bawaan BMD-3/4.
Untuk sistem senjata, BMD-4M berbagi sistem senjata yang sama dengan BMP-3F. IA mengandalkan tandem dua senjata kaliber sedang, yaitu kanon 100 mm 2A70 dan kanon tembak cepat 30mm 2A72.
Kanon 100 mm mampu menembakkan munisi HE (High Explosive) 3UOF17 dan HE-Fragmentasi 3UOF19 yang dipasok oleh sistem pengisi otomatis. Daya hancurnya setara dengan amunisi tank T-55 dari era 1950-an.
Untuk menghadapi tank modern, BMD-4M juga dapat menembakkan rudal Bastion berpemandu laser.
Kanon 30 mm di BMD-4M sama dengan kanon 30 mm yang digunakan oleh pesawat tempur AU Rusia dan juga ranpur-ranpur Rusia lainnya. Kanon itu memiliki daya penetrasi setara dengan kanon 25 mm Bushmaster milik Amerika Serikat.
BMD-4M juga sudah menampilkan sistem kendali penembakan yang sudah sepenuhnya digital sehingga meningkatkan akurasi penembakan. Untuk senjata koaksial tersedia senapan mesin PKT 7,62mm dan juga sistem pelontar granat asap untuk menciptakan tabir asap pengelabuan. Aryo Nugroho
Spesifikasi BMD-4M :
  • Dimensi : 6 x 3,15 x 2,7m
  • Bobot : 13,5 ton
  • Kecepatan : 70km/ jam
  • Jarak tempuh : 500km
  • Awak : 3+6

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak