Radar Militer

Blog Berita Seputar Aktivitas Militer Terbaru

Agar Efektif, Gunakan Fitur Pencarian (Search) Untuk Mencari Berita di Radar Militer

Tejas India yang Semakin Gegas

Tejas India
Tejas India 

Pesawat tempur buatan anak negeri India Tejas tampaknya semakin gegas dengan pembuktian kemampuannya bertempur menghadapi sasaran udara jarak jauh alias pertempuran BVR (Beyond Visual Range).
Berdasarkan rilis dari Biro Informasi Pers, Kementerian Pertahanan India, Tejas berhasil melepaskan rudal BVR Derby buatan Israel dalam pengujian langsung di ITR (Interim Test Range) Chandipur minggu lalu.
Pengujian kali ini merupakan simulasi kondisi realistis, setelah pada Februari tahun lalu versi produksi awal Tejas juga melakukan pelepasan rudal Derby secara BNG (Ballistic Non Guide) alias tidak dipandu oleh sistem radar yang terpasang pada Tejas.
Pengujian Mei 2017 ini meliputi pelepasan rudal Derby yang dipandu oleh radar Tejas untuk mengejar sasaran berupa drone yang bermanuver.
Peluncuran rudal Derby dilakukan dalam moda LOAL (Lock On After Launch), dimana rudal dilepaskan sebelum radar melakukan kuncian ke sasaran.
Tejas produksi pertama sendiri menggunakan radar buatan Israel, Elta EL/M-2032 yang dimodifikasi.
Sasaran untuk uji penembakan sengaja diterbangkan pada ketinggian yang lebih rendah dari ketinggian Tejas, sekaligus untuk menguji kemampuan look down dari radar yang digunakannya.
Moda peluncuran ini membuktikan bahwa sistem dan avionik pada Tejas bekerja sesuai dengan desain, mampu mengirimkan perintah pada rudal Derby melalui sistem datalink bahkan setelah rudal meluncur.
Rudal Derby berhasil meluncur mulus, dan radar bekerja memandu rudal sampai ke sasaran, sampai ke tahap penghancuran.
Proses ujicoba peluncuran yang mulus tersebut didukung oleh seluruh sistem yang bekerja secara sempurna, mulai dari radar, sistem kendali penembakan, sampai dengan rudal.
Seluruh parameter pengujian berhasil dipenuhi oleh Tejas, yang diverifikasi juga melalui sensor-sensor yang dipasang di darat.
Keberhasilan peluncuran rudal BVR ini merupakan satu tahapan kritis atau milestone yang harus dipenuhi oleh Tejas sebelum penggelaran operasional pertamanya atau Final Operational Clearance.
Selain Derby buatan Israel, Tejas juga mampu mengusung rudal buatan Rusia R-73 untuk jarak dekat, atau Python-5 Israel.
Untuk sasaran darat Tejas mampu membopong bom berpemandu laser Paveway dan rudal antitank Griffin. Aryo Nugroho
Bagikan :
+
0 Komentar untuk " Tejas India yang Semakin Gegas "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top