Radar Militer

Blog Berita Seputar Aktivitas Militer Terbaru

Agar Efektif, Gunakan Fitur Pencarian (Search) Untuk Mencari Berita di Radar Militer

THAAD Resmi Beroperasi, China Minta Segera Dihentikan

THAAD
THAAD 

Sistem pertahanan THAAD (Terminal High Altitude Area Defense) milik Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) telah aktif. Mengetahui hal tersebut, China langsung meminta pengoperasian tersebut dihentikan secepatnya.
“Kami menentang pengoperasian sistem rudal AS ke Korsel dan meminta semua pihak untuk segera menghentikan proses tersebut. Kami siap mengambil langkah penting untuk melindungi kepentingan negara. Posisi kami (China) terhadap isu THAAD tidak berubah,” tutur juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang, sebagaimana dilansir Russia Today, Rabu (3/5/2017).
Negeri Tirai Bambu diketahui paling gencar menentang sistem THAAD di kawasan Asia Timur. Beijing beralasan, sistem radar THAAD mampu memindai wilayah-wilayah kedaulatan mereka. Dengan demikian, wilayah China sangat rentan terekspos serta dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab.
China sebelumnya juga menyuarakan keprihatinan terkait latihan gabungan antara militer Korsel dengan AS di dekat Semenanjung Korea. Negeri Panda selalu mendorong agar ketegangan diselesaikan lewat jalur perundingan sebagaimana yang dilakukan hampir satu dekade lalu.
Bersama dengan Rusia, China siap untuk membawa isu terkait latihan gabungan tersebut ke dalam sesi persidangan Dewan Keamanan PBB di New York, AS, pada Jumat mendatang. Senada dengan China, Rusia juga meminta Washington dan Seoul untuk mempertimbangkan ulang THAAD.
Rusia dan China sama-sama mendorong penghidupan kembali perundingan dengan format enam negara. Korsel, Korut, China, Rusia, AS, dan Jepang pernah mengadakan format serupa pada dekade 2000. Namun, perundingan dibatalkan setelah Korut menguji coba rudal pada 2008 di bawah pemerintahan Kim Jong-il.
Sumber : http://news.okezone.com/read/2017/05/03/18/1681670/thaad-resmi-beroperasi-china-minta-segera-dihentikan
Bagikan :
+
0 Komentar untuk " THAAD Resmi Beroperasi, China Minta Segera Dihentikan "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top