Radar Militer

Blog Berita Seputar Aktivitas Militer Terbaru

Agar Efektif, Gunakan Fitur Pencarian (Search) Untuk Mencari Berita di Radar Militer

Boeing CH-47F, Varian Tercanggih Keluarga Chinook Pilihan Indonesia

Boeing Chinook CH-47F
Boeing Chinook CH-47F

Beli empat, delapan atau sepuluh unit kini tengah menjadi pertimbangan Pemerintah Indonesia untuk mengakuisisi helikopter angkut berat CH-47 Chinook. Dan seperti diutarakan petinggi Boeing, Yeong-Tae Pak, Boeing Regional Director for Southeast Asia, disebut bahwa yang diinginkan Indonesia adalah varian CH-47F, yang tak lain varian terbaru dan termutakhir dari keluarga Chinook.
Meski masih menanti deal kontrak pengadaan, menelisik helikopter angkut berat ini menjadi menarik, pasalnya saat Kavaleri Udara TNI AD mengoperasikan AH-64E Apache Guardian dan helikopter angkut sedang Black Hawk, maka gelar mobil udara TNI AD dan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) bakal menjadi klop dengan adanya sosok CH-47F Chinook. Bakal punya varian Chinook lebih baru dari milik Singapura, apa saja keunggulan dari CH-47F?
CH-47F dikembangkan berdasarkan dari varian CH-47D, di CH-47F pihak Boeing mengadopsi tipe mesin baru, peningkatan kekuatan airframe, dan sistem avionic baru. Bila Chinook perdana CH-47A meluncur pada tahun 1962, maka CH-47F baru terbang perdana pada tahun 2001, dan produksi secara komersiakl baru dilakukan pada tahun 2006. Karena populasi CH-47D yang besar, Boeing menawarkan CH-47F yang berasal dari standar CH-47D (remanufaktur). Hingga tahun 2014, setidaknya sudah 300 unit CH-47F yang dikirimkan kepada AD Amerika Serikat dan US National Guard. Selain untuk konsumsi dalam negeri, kini CH-47F sudah dioperasikan oleh Kanada (15 unit), Belanda (6 unit), Inggris (24 unit) dan Australia yang telah mengorder 7 unit CH-47F untuk angkatan daratnya.
Kenyang dalam sejumlah operasi di Afghanistan dan Irak, misi yang telah diemban CH-47F mencakup transports troops, war supplies, battlefield equipment, medical evacuation, search and rescue, aircraft recovery, dan parachute drop. Helikoper dengan glass cockpit ini dapat menampung 33 sampai 55 penumpang, bergantung pada konfigurasi kargo dan misi. Seperti dalam misi medical evacuation (medevac), ruang kargo dapat disulap untuk membawa 24 tandu plus perlengkapan medis. Secara teori, ruang kargo dapat dimuati payload hingga 10,9 ton, ini dapat diartikan Chinook dapat membawa ranpur sekelas Hummer atau Komodo 4×4.
Khusus untuk angkut beban eksternal, Chinook dilengkapi tiga titik pengait (hook) di bagian bawah tubuhnya yang bisa dipergunakan selaligus. Tiga titik pengait tersebut dipasang segaris di titik simetris tubuh heli. Kapasitas terbesar sudah barang tentu ada pada hook utama yang ada di bagian tengah, yang punya kemampuan angkat beban 12 ton. Sementara hook di depan dan belakangnya masing-masing punya kemampuan angkat 7,5 ton. Untuk hook depan dan belakang bisa difungsikan untuk mengaitkan beban tambahan, atau untuk menstabilkan beban yang sudah dikaitkan di hook tengah, semisal saat Chinook mengangkat sebuah ranpur.
Dapur pacu CH-47F Chinook disokong dua mesin Honeywell T55-GA-714A turboshaft, yang tiap mesin dapat menghasilkan tenaga 4733 shp. Dengan performa ini menjadikan CH-47F menjadi helikopter yang lebih cepat dibanding helikopter serbu dan helikopter angkut pada umumnya, dimana kecepatan maksimum CH-47F bisa sampai 300 km per jam.
Jumlah awak CH-47F masih sama dengan varian terdahulu, yakni tiga orang terdiri dari pilot, copilot dan flight engineer. Sebagai elemen kavaleri udara, CH-47F umumnya dilengkapi dua door gun/minigun kaliber 7,62 mm pada sisi kiri dan kanan. Bahkan di ujung pintu rampa juga ditempatkan gunner dengan senjata serupa dengan kaliber 7,62 mm.
Khusus pesanan Inggris diberi label CH-47 Chinook Mk6 yang diterima tahun 2013, sementara varian Kanada diberi kode CH-147F, Chinook Kanada sudah mendapat modifikasi khusus menyangkut local suite, long range fuel tanks, dan perangkat FLIR (Forward Looking Infrared).
Mau tahu harga CH-47F Chinook yang kondang disebut Improved Cargo Helicopter? Untuk yang gress alias asli baru dibandrol US$32 juta. Sementara CH-47F yang berasal dari remanufaktur varian CH-47D/SD dibandrol US$26,5 juta. Bila opsi yang diambil mengaitkan permintaan ToT (Transfer of Technogy) maka CH-47F yang keluaran asli baru yang akan didatangkan. (Gilang Perdana)
Bagikan :
+
0 Komentar untuk " Boeing CH-47F, Varian Tercanggih Keluarga Chinook Pilihan Indonesia "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top