Indonesia-Selandia Baru Perkuat Kerja Sama Pertahanan

KRl Banda Aceh
KRl Banda Aceh 

Indonesia dan Selandia Baru menguatkan kerja sama pertahanan pada berbagai aspek, di antaranya saling kunjung kapal perang, latihan antar satuan militer kedua negara, dan lain-lain.
Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, seusai menerima kunjukan kehormatan koleganya, Menteri Pertahanan Selandia Baru, Mark Mitchell, di Jakarta, Rabu, mengatakan, "Pertemuan dengan Menhan Mark yang baru pertama kali ini adalah bagian dari upaya memperkuat hubungan bilateral kedua negara terutama dalam bidang pertahanan."
Peningkatan kerja sama pertahanan itu juga melingkupi pertukaran informasi intelijen dalam bidang pertahanan termasuk di dalamnya pertukaran informasi, pelatihan, dan kunjungan studi pertahanan kedua negara.
Tak hanya itu, juga disepakati kerja sama pertukaran pengalaman dalam operasi pasukan perdamaian PBB. Kemudian, pertahanan logistik dalam mendukung kegiatan bilateral yang disepakati bersama.
"Kedua negara juga berupaya meningkatkan dan memperluas interaksi antar budaya militer kedua negara. Serta penyediaan bantuan darurat/operasi militer selain perang dan kerja sama pertahanan di bidang-bidang Iainnya," kata Ryacudu.
Kedua menteri pertahanan mendorong penuh kunjungan kapal perang HMNZS Te Kaha ke Jakarta, dan kunjungan KRl Banda Aceh untuk menghadiri Perayaan Ulang Tahun ke-75 Angkatan Laut Selandia Baru dan the ASEAN Defence Ministers Meeting-Plus Maritime and Counter Terrorism Exercise Mahi Tangaroa.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak