Radar Militer

Blog Berita Seputar Aktivitas Militer Terbaru

Agar Efektif, Gunakan Fitur Pencarian (Search) Untuk Mencari Berita di Radar Militer

Jet Tempur Su-27 Rusia Kejar Pesawat F-16 NATO di Atas Laut Baltik

Jet Tempur Su-27 Rusia Kejar Pesawat F-16 NATO
Jet Tempur Su-27 Rusia Kejar Pesawat F-16 NATO 

Sebuah jet Rusia mengejar sebuah pesawat milik NATO setelah mencoba mendekati pesawat Menteri Pertahanan Rusia. Demikian laporan kantor berita Rusia.
TASS melaporkan bahwa jet tempur F-16 NATO terbang di atas pesawat Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu di atas Laut Baltik. TASS tidak menyebut asal negara jet tempur tersebut seperti dikutip dari Sky News, Rabu (21/6/2017).
Klaim Rusia datang saat Kremlin mengatakan sedang mempertimbangkan berbagai tindakan pembalasan terhadap sanksi baru Amerika Serikat (AS) terkait peran negara tersebut di Ukraina.
"Pada tingkat para ahli kami, tentu saja, berbagai varian sanksi sekarang sedang dirumuskan dan diusulkan," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.
Pesawat AS sering dicegat di dekat Baltik dan daerah kantong Rusia di Kaliningrad. Namun Pentagon mengatakan bahwa sebagian besar pencegatan dianggap aman dan profesional.
Namun, pada hari Selasa, Pentagon menuding Rusia melakukan pencegatan pesawat mata-mata RC-135 milik AS dengan tidak aman di wilayah udara internasional di atas Laut Baltik.
Dikatakan bahwa pesawat AS tidak melakukan apapun untuk memprovokasi aksi berbahaya dan menuduh pilot Rusia memiliki kontrol yang buruk dengan jet tempur Su-27-nya.
"Karena kecepatan penutupan yang tinggi dan kontrol yang buruk terhadap pesawat selama pencegatan, interaksi ini tidak aman," sebuah pernyataan Pentagon mengatakan setelah kejadian terakhir.
Ketegangan antara angkatan udara kedua negara telah meningkat setelah Moskow mengatakan akan memperlakukan setiap pesawat dengan koalisi pimpinan AS di Suriah yang terbang ke barat sungai Efrat sebagai target potensial.
Pergerakan itu terjadi setelah pesawat AS menembaki sebuah jet Suriah pada hari Minggu.
NATO Akui Pesawatnya Dikejar Jet Rusia di Laut Baltik
NATO mengkonfirmasi bahwa pesawatnya telah dikejar oleh tiga pesawat Rusia di atas Laut Baltik. Insiden itu terjadi karena pesawat NATO tidak menanggapi konvertor lalu lintas udara atau memberikan informasi tentang identitas mereka.
Sebelumnya, pesawat tempur F-16 NATO berusaha mendekati pesawat Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu dalam perjalanan ke kota Kaliningrad paling barat Rusia di atas perairan Baltik yang netral namun dikejar oleh jet Rusia.
"NATO dapat memastikan bahwa tiga pesawat Rusia, termasuk dua pesawat tempur, dilacak di atas Laut Baltik. Karena Pesawat tidak mengidentifikasi diri mereka atau merespons pengendalian lalu lintas udara, jet tempur NATO bergegas untuk mengidentifikasi mereka, menurut prosedur standar," kata perwakilan NATO.
"NATO tidak memiliki informasi mengenai siapa yang berada di pesawat. Kami menilai perilaku pilot Rusia melakukan tindakan yang aman dan profesional," ujar perwakilan aliansi itu lagi seperti dikutip dari Sputniknews, Kamis (22/6/2017).
Pesawat tempur Sukhoi Su-27 Rusia, salah satu pesawat yang mengawal pesawat Shoigu, kemudian menunjukkan senjatanya, mendorong F-16 untuk mundur.
Sebelumnya, pada tanggal 6 Juni lalu Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa mereka mengirim pesawat tempur superior Su-27 di atas Laut Baltik untuk mencegat dan mengawal pembom strategis B-52 Amerika Serikat (AS) yang mendekati perbatasannya.
Pada 12 Mei, kementerian tersebut mengatakan Moskow mengirim pesawat tempur Su-30 pada 9 Mei di atas Laut Hitam untuk mencegat pesawat pengintai AS.
Bagikan :
+
0 Komentar untuk " Jet Tempur Su-27 Rusia Kejar Pesawat F-16 NATO di Atas Laut Baltik "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top