JF-17/FC-1 AU Myanmar Lakukan Flight Test di Tiongkok

JF-17/FC-1 AU Myanmar
JF-17/FC-1 AU Myanmar 

Foto-foto muncul di forum online Tiongkok yang menunjukkan apa yang tampaknya merupakan salah satu pesawat tempur multirole Pakistan Aeronautical Complex/Chengdu Aircraft Industry Corporation (PAC/CAC) JF-17 Thunder/FC-1 Xiaolong pertama yang dipesan oleh Angkatan Udara Myanmar (MAF) tengah melakukan flight test di Tiongkok.
Dirilis sekitar tanggal 13 Juni, foto-foto tersebut menunjukkan pesawat JF-17/FC-1 kursi tunggal dengan kamuflase dan lambang ekor standar AU Myanmar yang sedang diuji coba terbang di lapangan udara CAC di Chengdu.
Sumber diplomatik mengatakan kepada Jane pada bulan Desember 2015 bahwa Myanmar telah menandatangani kontrak pada awal tahun itu untuk pembelian 16 pesawat tersebut dengan harga sebesar USD16 juta per unit.
Berbicara dengan syarat anonim, narasumber mengatakan kepada Jane's pada bulan Februari 2017 bahwa pesawat yang dipesan tersebut merupakan varian Block II, yang diluncurkan pertama kali dari pabrik PAC di Kamra pada tahun 2015 dan tidak seperti varian Block I, varian ini memiliki fitur kemampuan pengisian bahan bakar di udara dan avionik dan elektronika yang lebih baik.
Perusahaan milik negara Tiongkok, Aviation Industry Corporation of China (AVIC) - perusahaan induk CAC - diyakini juga akan memberikan bantuan teknis ke Myanmar dimana pesawat tersebut akan menggantikan pesawat tempur Chengdu J-7 AU Myanmar yang telah menua, yang diekspor ke Myanmar sebagai F-7M Airguard pada tahun 1990-an.
Myanmar diyakini merupakan pelanggan ekspor pertama untuk pesawat tempur Sino-Pakistan tersebut, dimana pengirimannya diperkirakan akan dimulai sebelum akhir tahun 2017.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak