Radar Militer

Blog Berita Seputar Aktivitas Militer Terbaru

Agar Efektif, Gunakan Fitur Pencarian (Search) Untuk Mencari Berita di Radar Militer

KRI Bung Tomo-357 Siaga di Perbatasan Israel dan Lebanon

KRI Bung Tomo-357
KRI Bung Tomo-357 

Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yakni KRI Bung Tomo-357 dipercaya oleh United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) sebagai salah satu unsur Maritime Task Force (MTF) untuk mengamankan kegiatan Tripartite Meeting.
KRI Bung Tomo-357 adalah satu dari dua unsur MTF yang dipercaya untuk siaga menjaga stabilitas keamanan perairan perbatasan Lebanon-Israel selama Tripartite Meeting. Unsur lainnya adalah kapal perang milik Yunani HS ROUSSEN P-67.
Tripartite Meeting merupakan salah satu agenda penting UNIFIL yang mempertemukan tiga delegasi/perwakilan. Yaitu delegasi Lebanese Armed Forces (LAF), Israel Defence Forces (IDF) dan UNIFIL sebagai pihak mediator.
Pertemuan itu bertujuan untuk menyelesaikan sengketa antara Lebanon dan Israel yang tertuang dalam Resolusi Dewan Keamanan PBB Nomor 1701 terkait dengan penempatan tanda-tanda batas pada Blue Line (batas Lebanon-Israel) serta isu-isu penting lainnya demi terciptanya dan terjaganya kelangsungan perdamaian di Lebanon.
Keberhasilan pelaksanaan Tripartite Meeting sangat berpengaruh terhadap kelangsungan perdamaian di Lebanon. Oleh karena itu, pihak UNIFIL berusaha semaksimal mungkin untuk mengamankan pertemuan trilateral tersebut dengan mengerahkan unsur-unsur pengamanan di darat, laut dan udara sehingga tidak ada kejadian-kejadian dari pihak lain yang bisa menggagalkan pertemuan tersebut.
KRI Bung Tomo-357 dikomandani oleh Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo. Armada perang TNI AL ini adalah unsur pengamanan laut yang bertugas mengamankan jalannya pertemuan tersebut.
Selama pelaksanaan Tripartite Meeting, KRI Bung Tomo-357 melaksanakan pengamanan perairan perbatasan Lebanon - Israel dengan kapal perang Yunani dan kapal patroli angkatan laut Lebanon.
KRI Bung Tomo-357 harus melaksanakan koordinasi ketat dengan LAF-NAVY untuk memonitor dan mendeteksi kontak apapun yang mendekat dengan zona pengamanan. Selain itu, KRI Bung Tomo-357 harus memonitor area laut dan udara dan selalu berkoordinasi dengan unit FCR (Force Commander's Reserve) dari Perancis, sejak dimulainya meeting sampai dengan selesainya. Dan jika diminta maka KRI Bung Tomo-357 akan mengirimkan Tim Boarding Party guna membantu kapal patroli angkatan laut Lebanon.
Penunjukan KRI Bung Tomo-357 oleh UNIFIL dalam rangka pengamanan sektor laut dan udara pada Tripartite Meeting di Lebanon kembali menegaskan kepercayaan MTF dan UNIFIL terhadap profesionalisme prajurit prajurit TNI AL dan kemampuan alutsistanya dalam menjamin dan menjaga perdamaian di Lebanon. Hal ini merupakan prestasi yang akan mengangkat citra Kontingen Garuda, TNI dan bangsa Indonesia di mata dunia.
Bagikan :
+
0 Komentar untuk " KRI Bung Tomo-357 Siaga di Perbatasan Israel dan Lebanon "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top