Radar Militer

Blog Berita Seputar Aktivitas Militer Terbaru

Agar Efektif, Gunakan Fitur Pencarian (Search) Untuk Mencari Berita di Radar Militer

Thailand Beli Ranpur ZBL-09/VN-1 dari Tiongkok

 Ranpur ZBL-09/VN-1
 Ranpur ZBL-09/VN-1  

Kabinet Thailand pada hari Selasa (13/06) menyetujui usulan Angkatan Darat Thailand untuk membeli 34 kendaraan pengangkut personel lapis baja dari China.
Usulan untuk pembelian ZBL-09/VN-1 senilai Bt2.3 miliar diajukan oleh Deputi Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Jenderal Prawit Wongsuwan.
Kabinet menyetujui untuk pembelian tersebut dengan anggaran komitmen pada tahun fiskal 2017-2020.
Panglima Angkatan Darat kemudian akan terbang ke Tiongkok untuk menandatangani kontrak pembelian antar pemerintah (government-to-government).
Kabinet diberitahu bahwa kendaraan pengangkut personil VN-1 baru tersebut akan ditempatkan di Divisi Kavaleri Pertama, Batalyon Kavaleri ke-10 di Nan, dan Batalyon Kavaleri ke-7 di
Uttaradit.
Sementara itu, Panglima Angkatan Darat Thailand Jenderal Chalermchai Sitthisart pada hari Rabu (14/06) menyambut keputusan untuk mengeluarkan dana sebesar Bt2.3 miliar untuk pembelian 34 kendaraan pengangkut personel lapis baja Tiongkok VN-1, dengan mengatakan bahwa ini adalah
kesepakatan yang bagus dan lebih murah daripada yang ditawarkan oleh negara-negara Barat.
Menyusul persetujuan Kabinet hari sebelumnya untuk pembelian kendaraan ZBL-09/VN-1, dia mengatakan salah satu asistennya akan melakukan perjalanan ke Tiongkok pada bulan depan untuk menandatangani kontrak.
Keadaan ekonomi negara itu yang kurang baik membuatnya sesuai untuk membeli perangkat keras militer murah dari Tiongkok, Panglima Angkatan Darat Thailand beralasan. Namun, dia mengakui bahwa dengan pemerintahan yang tidak terpilih melalui pemilu membuat Thailand "lebih sulit" untuk membeli perangkat keras militer dari Barat.
AD Thailand akan menggunakan VN-1 untuk mengganti kendaraan pengangkut personel lapis baja V150 dan M113 yang menua yang dibeli dari AS setelah Perang Vietnam lebih dari 40 tahun yang lalu, kata juru bicara Kementerian Pertahanan Kongcheep Tantravanich.
Pengadaan tersebut merupakan bagian dari rencana AD Thailand untuk memperkuat kapasitasnya, katanya.
Di bawah kerja sama militer, Tiongkok akan memberikan bantuan kepada Thailand dalam mendirikan fasilitas pemeliharaan dan melakukan transfer teknologi, kata Kongcheep, menambahkan bahwa Angkatan Darat telah menyiapkan sebuah pusat pemeliharaan di timur laut provinsi Nakhon Ratchasima.
AD Thailand sebelumnya telah membeli 10 tank VT-4 dari Tiongkok sementara Angkatan Laut telah menandatangani kontrak untuk membeli kapal selam kelas Yuan.
Bagikan :
+
0 Komentar untuk " Thailand Beli Ranpur ZBL-09/VN-1 dari Tiongkok "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top