India Naksir SEPECAT Jaguar Perancis

 SEPECAT Jaguar
 SEPECAT Jaguar 

Ternyata tidak hanya Rafale yang sudah diproses pembeliannya dari Perancis. Diam-diam, India melakukan pendekatan khusus agar Perancis mau menjual pesawat serang darat SEPECAT Jaguar yang dimilikinya. India sendiri juga mengoperasikan Jaguar untuk serang darat dan maritim, jadi logis saja kalau pesawat yang sudah dimasukkan ke gudang oleh Perancis ini ditawarkan kepada India.
Penawaran Jaguar oleh Perancis tersebut ternyata sudah dilakukan berbarengan dengan pembicaraan mengenai Rafale, sehingga pemberitaannya sedikit tenggelam oleh pesawat tempur yang lebih baru tersebut, apalagi setelah diberitakan kalau India setuju untuk membeli 36 unit Rafale senilai USD 8,9 miliar.
India sendiri saat ini tengah meningkatkan kemampuan Jaguar-jaguar lawas yang dimilikinya. Peningkatan kemampuan ini ditangani sendiri oleh pabrik Hindustan Aeronautics Limited (HAL). HAL sudah berhasil membuat tiga purwarupa Jaguar DARIN III, dengan rencana modernisasi sebanyak 60 unit Jaguar ke standar DARIN III sendiri.
Upgrade Jaguar DARIN III yang dikatakan akan memperpanjang umur pesawat sampai 20 tahun kedepan terdiri dari pemasangan sistem komputer misi dengan arsitektur terbuka sehingga dapat diupgrade seiring dengan perkembangan teknologi baru, sistem EFIS (Engine & Flight Instrument System), sistem kendali penembakan, sistem navigasi inersial berbasis GPS dan geodesi, serta modifikasi pada struktur.
Pembenahan pada sistem perekaman video hasil penembakan dilakukan dengan penggantian harddisk menjadi SSD (Solid State Drive) yang lebih andal dan tahan guncangan, sistem perekam data penerbangan berbasis SSD, display multi fungsi berwarna, dan update pada sistem IFF untuk membuatnya kompatibel dengan standar baru.
Seluruh modifikasi dan peningkatan kemampuan tersebut dilakukan secara mandiri melalui MSCRDC (Mission & Combat System Research and Design Centre) milik HAL. Peningkatan kemampuan Jaguar DARIN III akan dikerjakan bertahap oleh HAL pula, dengan Divisi Overhaul menjadi penanggungjawabnya. (Aryo Nugroho)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak