Indonesia Lakukan Pemasangan Sistem SATCOM di Kapal Perang TNI AL

Sistem SATCOM di Kapal Perang TNI AL
Sistem SATCOM di Kapal Perang TNI AL 

TNI Angkatan Laut telah menyelesaikan pemasangan antena parabola stabil Ku-band dengan kubah radar, dan sistem komunikasi satelit yang terkait (SATCOM) di empat kapal jenis LPD dan kapal perang SIGMA Diponegoro Class serta Bung Tomo Class.
Menurut informasi yang diberikan kepada IHS Jane's oleh TNI AL dan sumber industri, instalasi dilakukan antara pertengahan 2016 dan awal 2017 oleh PT Patra Telekomunikasi Indonesia, yang merupakan anak perusahaan dari PT Telkom Indonesia.
Sistem SATCOM memungkinkan kapal menerima dan mengirimkan data dua arah dan lalu lintas suara, yang dapat digunakan untuk aplikasi komunikasi seperti email, penjelajahan web, dan voice over internet protocol (VOIP).
TNI AL diharapkan dapat melengkapi lebih banyak kapal perangnya dengan sistem SATCOM, walaupun tidak ada rincian mengenai kapal perang mana yang akan dipasang segera. Hal ini sejalan dengan upaya TNI yang lebih luas untuk mengadopsi lebih banyak sistem komunikasi semacam itu di masa depan.
TNI saat ini mengandalkan satelit yang dimiliki oleh PT Telkom Indonesia, untuk tujuan komunikasi satelitnya. Satelit ini beroperasi pada band Ku-dan C. Ada juga rencana untuk lebih memanfaatkan satelit milik Bank Rakyat Indonesia, yang dikenal dengan BRIsat, yang menempati slot orbital 150,5 derajat bujur timur, setelah beroperasi penuh.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak