Kapal Induk China Lewat, Taiwan Kerahkan Jet Tempur

Armada Liaoning
Armada Liaoning  

Jet militer Taiwan dikerahkan untuk membayangi kapal induk China yang melewati perairan di dekatnya untuk menuju ke Hong Kong dalam rangka peringatan 20 tahun kembalinya koloni Inggris itu ke tangan Beijing.
Armada Liaoning akan dibuka untuk publik di Hong Kong dan menunjukkan kemampuan militer angkatan laut China, kata Yang Liang, juru bicara militer China, dalam laporan Xinhua yang dikutip Reuters, Minggu (2/7).
Sejumlah media Hong Kong menyebut kapal tersebut akan tiba pada Jumat yang akan datang.
Kemarin, Presiden China Xi Jinping memberi peringatan keras saat melantik pemimpin baru Hong Kong. Dia menyebut Beijing tidak akan menolerir tantangan apapun terhadap kedaulatan negaranya di kota yang terpecah itu.
Bermarkas di utara China, kapal induk buatan Soviet tersebut memasuki zona identifikasi pertahanan udara Taiwan pada Sabtu dan berlayar ke bagian barat Selat Taiwan pada Minggu, kata pernyataan Kementerian Pertahanan Taiwan.
Menurut pernyataan itu, jet militer Taiwan dan sejumlah kapal dikerahkan untuk memantau jalur armada tersebut.
Tidak ada keanehan yang terdeteksi saat kapal-kapal China itu bergerak menuju barat daya, kata kementerian. Armada tersebut diperkirakan akan meninggalkan zona identifikasi pertahanan udara Taiwan pada sore ini.
Ini adalah kali ketiga Liaoning berlayar di dekat Taiwan yang diklaim China sebagai provinsi pembelot, meski kini sudah mempunyai pemerintahan sendiri.
Selama ini, China tidak pernah menutup kemungkinan penggunaan kekuatan paksa untuk mengendalikan Taiwan. (aal)
Sumber : http://www.cnnindonesia.com/internasional/20170702145001-113-225209/kapal-induk-china-lewat-taiwan-kerahkan-jet-tempur/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak