Kapal Militer AS Berlayar Dekat Pulau Sengketa di Laut China Selatan

Kapal Militer AS Berlayar Dekat Pulau Sengketa
Kapal Militer AS Berlayar Dekat Pulau Sengketa 

Sebuah kapal perang tipe destroyer milik Amerika Serikat berlayar sekitar 12 mil laut dari pulau sengketa yang diklaim China di Laut China Selatan, Minggu 2 Juli 2017.
Seorang petinggi militer AS mengatakan kepada CNN bahwa angkatan laut melakukan "latihan kebebasan bernavigasi" di sekitar Pulau Triton di Kepulauan Paracel, yang diklaim China, Vietnam dan Taiwan.
Sebagai bagian dari latihan, kapal USS Stethem berada sekitar 12 mil dari Triton, berlayar di perairan yang diklaim China sebagai milik mereka.
AS tidak mengakui klaim Beijing atas sebagian besar pulau di Laut China Selatan, yang dari waktu ke waktu mulai dipenuhi dengan berbagai instalasi.
Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon belum bersedia berkomentar mengenai latihan terbaru di Laut China Selatan.
"Beijing telah melakukan peningkatan pembangunan infrastruktur militer di Paracel," ucap lembaga Center for Strategic and International Studies' Asia Maritime Transparency Initiative.
Lembaga itu juga menambahkan China memperluas fasilitas militernya ke Triton, termasuk pembangunan sebuah landasan helikopter.
Komandan militer AS wilayah Pasifik, Laksamana Harry Harris, menyindir reklamasi China di Laut China Selatan pada Rabu lalu, dengan mengatakan bahwa "pulau-pulau palsu sebaiknya tidak usah dipercaya oleh masyarakat sungguhan."
Selama ini, China menegaskan Kepulauan Paracel adalah miliknya, sehingga Beijing berhak melakukan apapun yang diinginkan.
Sumber : http://internasional.metrotvnews.com/asia/VNxQAPDb-kapal-militer-as-berlayar-dekat-pulau-sengketa-di-laut-china-selatan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak