Main Battle Tank AMX-56 Leclerc Scorpion

Main Battle Tank AMX-56 Leclerc Scorpion
Main Battle Tank AMX-56 Leclerc Scorpion 

Perancis baru-baru ini memutuskan memperpanjang usia AMX-56 Leclerc melalui program peningkatan kemampuan. Suatu keputusan yang wajar kalau tidak dibilang terpaksa karena AD Perancis sendiri sesungguhnya tidak memiliki alternatif karena tidak pernah memikirkan peta jalan untuk program penggantian Main Battle Tank apabila AMX-56 sudah sampai pada batas kemampuannya.
Dalam parade militer Perancis merayakan keterlibatan Perancis dalam Perang Dunia I minggu lalu, AD Perancis memamerkan AMX-56 Leclerc yang sudah diupgrade sesuai dengan peta jalan program Scorpion. Bagian yang kentara adalah kit pelindung di bagian sisi hull dan juga kit pelindung di bagian sisi yang memanjang sampai ke depan kubah.
Kit pelindung ini menggunakan lapisan keramik-baja pasif dengan rongga untuk meredam ancaman rudal anti tank. Yang tidak terlihat adalah pencangkokan sistem mesin baru, penambahan APU (Auxillary Power Unit) untuk mentenagai putaran kubah secara mandiri tanpa perlu mengandalkan tenaga mesin, dan juga kit pelindung anti ranjau untuk melindungi bagian perut sisi bawah tank yang cukup rawan.
Item pembenahan lainnya adalah sistem bidik panoramik Sagem-Safran Electronics & Defense Paseo untuk komandan tank, yang merupakan optik standar untuk program kendaraan tempur masa depan Perancis, Scorpion.
Selain menawarkan sistem kamera yang distabilisasi, Paseo juga dilengkapi dengan kamera termal generasi mutakhir untuk mengidentifikasi lawan di kejauhan. Arsitektur digital pada Leclerc terbaru ini juga dibenahi.
Jika tadinya Leclerc menggunakan tiga komputer yaitu komputer pengendali tembakan, komputer yang mengatur sistem input dan output dari awak tank, dan komputer untuk sistem manajemen pertempuran, maka pada Leclerc terbaru ini seluruhnya disatukan ke dalam satu sistem sehingga data yang ditampilkan lebih kaya dan lebih hemat ruang.
Sistem manajemen pertempuran pada Leclerc memungkinkan awak untuk saling berbagi informasi sensor yang sama, dan kalau perlu mengendalikan sistem senjata sekunder yaitu RCWS (Remote Controlled Weapon Station) dari ketiga posisi: pengemudi, komandan, dan juru tembak.
AMX-56 Leclerc Scorpion ini juga menggunakan sistem pelontar granat asap dan juga pengacau elektronik aerosol dalam wadah yang rapi di samping bustle, sehingga tampilan keseluruhan AMX-56 Leclerc tersebut tetap manis dan rapi. (Aryo Nugroho)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak