Radar Militer

Blog Berita Seputar Aktivitas Militer Terbaru

Agar Efektif, Gunakan Fitur Pencarian (Search) Untuk Mencari Berita di Radar Militer

Pesawat Latih Tempur Yak-130 AU Bangladesh Jatuh

Pesawat Latih Tempur Yak-130 AU Bangladesh
Pesawat Latih Tempur Yak-130 AU Bangladesh 

Pesawat latih tempur Yakovlev Yak-130 Angkatan Udara Bangladesh jatuh kemarin (11/07) di Lohagora di Chittagong, tenggara Bangladesh tanpa korban jiwa, menurut laporan media setempat.
Pesawat jatuh pada pukul 14.15 waktu setempat dalam sebuah penerbangan setelah mengalami permasalahan teknis. Pesawat tersebut lepas landas dari BAF Base Zahurul Haque di Chittagong pada pukul 2 siang. Pesawat yang jatuh tersebut dilaporkan baru mulai beroperasi pada 2015.
Bangladesh adalah pelanggan ekspor ketiga untuk pesawat Yak-130 buatan Rusia, yang dilengkapi dengan flight control system yang dapat diprogram ulang yang dapat meniru bermacam kualitas perilaku dan handling (penanganan) untuk simulasi. Pesawat ini juga memiliki peran sekunder sebagai pesawat tempur ringan.
Investigasi telah mulai dilakukan untuk mengetahui penyebab kecelakaan itu.
AU Bangladesh mengoperasikan total 16 jet latih/tempur ringan Yak-130UBS termasuk pesawat yang terlibat dalam kecelakaan tersebut.
Yakovlev Yak-130 adalah pesawat latih lanjut dua kursi subsonik yang awalnya dikembangkan oleh Yakovlev dan Aermacchi. Pesawat ini juga dipasarkan sebagai pesawat tempur ringan yang potensial.
Pengembangan pesawat dimulai pada tahun 1991 dan penerbangan perdana dilakukan pada tanggal 25 April 1996. Pada tahun 2002, pesawat tersebut memenangkan tender pemerintah Rusia untuk pesawat terbang latih dan pada tahun 2009 pesawat tersebut mulai beroperasi pada Angkatan Udara Rusia.
Bagikan :
+
0 Komentar untuk " Pesawat Latih Tempur Yak-130 AU Bangladesh Jatuh "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top