Radar Militer

Blog Berita Seputar Aktivitas Militer Terbaru

Agar Efektif, Gunakan Fitur Pencarian (Search) Untuk Mencari Berita di Radar Militer

Presiden AS Donald Trump Resmikan Kapal Induk USS Gerald R Ford (CVN 78)

USS Gerald R Ford (CVN 78)
USS Gerald R Ford (CVN 78) 

Presiden Amerika Serikat Donald Trump meresmikan kapal induk paling mahal dan terbesar, USS Gerald Ford, di Virginia, pada Sabtu, 22 Juli 2017 waktu AS.
"Pagi ini saya akan pergi ke upacara peresmian kapal induk terbesar di dunia, The Gerald R. Ford. Norfolk, Va," kata Trump melalui akun Twitternya, seperti dikutip Fortune, Sabtu, 22 Juli 2017.
Kapal induk bertenaga nuklir itu dilengkapi teknologi mutakhir yang dapat menampung pesawat terbang dan persenjataan lebih banyak dari sebelumnya.
Gerald R. Ford memiliki sistem operasi elektromagnetik dan perlengkapan canggih yang membuat pendaratan dan lepas landas pesawat menjadi lebih cepat dan efisien. Kapal juga kini dilengkapi navigasi layar sentuh dan pabrik reaktor yang dapat mengoperasikan kapal hingga 20 tahun tanpa pengisian bahan bakar.
Panjang kapal yang dibangun sejak 2009 itu mencapai 337,1 meter atau tiga kali dari ukuran lapangan bola. Ruang tambahan pada kapal juga memperluas ukuran geladak penerbangan, sehingga memudahkan jet dan pesawat tanpa awak untuk bermanuver.
Kapal yang dibangun dengan biaya US$ 12,9 miliar atau sekitar Rp 173 triliun ini juga bisa dioperasikan dengan jumlah kru yang lebih sedikit, yaitu kurang dari 600 awak kapal.
Rencananya, kapal induk ini akan beroperasi pada 2020 dan memiliki masa pakai hingga 50 tahun.
Kapal induk terbaru Amerika Serikat USS Gerald R. Ford (CVN 78) ini mampu membawa 75 pesawat dan melakukan 220 serangan udara per hari.
Kapal induk bertenaga nuklir ini mulai dibangun pada 11 Agustus 2009, diluncurkan pada 11 oktober 2013, dan diresmikan pada 23 Juli 2017. Meski telah diresmikan, Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) baru akan menugaskan kapal induk USS Gerald R. Ford (CVN 78) ini, pada tahun 2021.
Sumber : TSM
Bagikan :
+
0 Komentar untuk " Presiden AS Donald Trump Resmikan Kapal Induk USS Gerald R Ford (CVN 78) "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top