Tiongkok Kirim Pasukan ke Pangkalan Militer Luar Negeri Pertama-nya di Djibouti

Landing Platform Dock Jingangshan (LPD 999)
Landing Platform Dock Jingangshan (LPD 999) 

Kapal-kapal yang membawa personil militer Tiongkok ke pangkalan militer pertama Tiongkok di luar negeri di Djibouti meninggalkan Zhanjiang di Provinsi Guangdong, Tiongkok selatan, hari Selasa (11/07) untuk mulai mendirikan fasilitas tersebut, kantor berita Xinhua melaporkan.
Kapal-kapal tersebut termasuk kapal Mobile Landing Platform Donghaidao (MLP 868) dan Landing Platform Dock Jingangshan (LPD 999).
Tiongkok memulai pembangunan pangkalan logistik di Djibouti yang berlokasi strategis pada tahun lalu yang akan memasok kapal angkatan laut yang mengambil bagian dalam misi penjaga perdamaian dan kemanusiaan di lepas pantai Yaman dan Somalia, khususnya.
Djibouti disukai karena lokasinya berada di dekat rute pelayaran yang sibuk. Negara ini juga dipandang sebagai negara yang stabil di tengah wilayah yang bergejolak.
Pernyataan yang dimuat di Xinhua mengatakan bahwa "pangkalan tersebut akan memastikan kinerja Tiongkok dalam menjalankan misi, seperti mengawal, menjaga perdamaian dan bantuan kemanusiaan di Afrika dan Asia barat". "Pangkalan tersebut juga akan kondusif bagi tugas-tugas di luar negeri termasuk kerja sama militer, latihan gabungan, evakuasi dan perlindungan warga Tiongkok di luar negeri dan pertolongan darurat, serta juga menjaga keamanan jalur laut strategis internasional", pernyataan tersebut menambahkan.
Djibouti berada di wilayah Tanduk Afrika di pintu masuk selatan Laut Merah pada rute ke Terusan Suez. Negara ini juga menjadi tuan rumah bagi pangkalan militer AS, Jepang dan Prancis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak